Pemkab Bandung Tetapkan 8 Kawasan Tanpa Asap Rokok, Tidak Boleh Merokok di Sekolah dan Rumah Sakit

Pemkab Bandung tetapkan 8 kawasan tanpa asap rokok. Di sekolah dan rumah sakit tak boleh merokok.

Pemkab Bandung Tetapkan 8 Kawasan Tanpa Asap Rokok, Tidak Boleh Merokok di Sekolah dan Rumah Sakit
TRIBUN JABAR/DENI DENASWARA
ILUSTRASI larangan merokok di mal dan pusat perbelanjaan.

Laporan Wartawan Tribun Jabar, Mumu Mujahidin

TRIBUNJABAR.ID, SOREANG - Pemkab Bandung sudah menetapkan 8 Kawasan Tanpa Asap Rokok (KTR). Jadi bagi siapa saja yang merokok sembarangan di Kabupaten Bandung maka akan dikenakan sanksi.

Asisten II Bidang Ekonomi dan Kesejahteraan (Ekjah), Marlan, mengatakan, 8 KTR tersebut antara lain, 5 kawasan bebas asap rokok hingga batas terluar bahkan tidak boleh menyediakan tempat khusus untuk merokok adalah fasilitas pelayanan kesehatan, tempat proses belajar mengajar, tempat anak bermain, tempat ibadah, dan angkutan umum.

"Pemkab Bandung sudah menetapkan 8 Kawasan Tanpa Rokok (KTR). Bagi siapa saja yang merokok sembarangan akan dikenakan sanksi, sesuai aturan yang berlaku, dan kami juga sudah membentuk satgas KTR," ujar Marlan saat menghadiri Peringatan Hari tanpa Tembakau Sedunia (HTTS) Jakarta, Kamis (11/7/2019).

Tiga kawasan bebas asap rokok tapi diperbolehkan menyediakan tempat khusus perokok yaitu tempat kerja, tempat umum (mall, hotel), dan tempat lain yang ditetapkan.

"Saya harap informasi ini dapat tersosialisasikan terus menerus, hingga ke seluruh wilayah," katanya.

Menurutnya sosialisasi mengenai KTR bertujuan membangun kesadaran masyarakat untuk menciptakan ruang dan lingkungan yang bersih dan sehat, terutama dari asap rokok.

Untuk itu Marlan mengimbau dan mengajak kepada Aparatur Sipil Negara (ASN) dan masyarakat Kabupaten Bandung agar bersama-sama mendukung implementasi penerapan KTR ini.

Sebelumnya KTR ini sudah diatur dalam Peraturan Daerah Kabupaten Bandung nomor 13 tahun 2017 tentang KTR dan Peraturan Bupati (Perbup) Bandung Nomor 89 tahun 2018 tentang Petunjuk Pelaksanaan Perda nomor 13 tahun 2017 tentang KTR.

"Setiap orang dapat berperan serta dalam mewujudkan tempat dan lingkungan yang bersih, sehat dan bebas dari asap rokok, yang dimulai dari diri sendiri, keluarga dan lingkungan sekitarnya," katanya.

Halaman
12
Penulis: Mumu Mujahidin
Editor: taufik ismail
Sumber: Tribun Jabar
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved