KPU RI Hanya Santuni 10 dari 14 Keluarga Petugas KPPS Bekasi yang Gugur, Begini Alasannya

KPU RI memberikan santunan kepada 10 keluarga petugas KPPS Kota Bekasi yang gugur usai bertugas dalam Pemilu 2019

KPU RI Hanya Santuni 10 dari 14 Keluarga Petugas KPPS Bekasi yang Gugur, Begini Alasannya
Kolase Tribun Jabar
Ilustrasi: Petugas Pemilu 2019 meninggal 

TRIBUNJABAR.ID, BEKASI - Komisi Pemilihan Umum RI ( KPU RI)memberikan santunan kepada 10 keluarga petugas Kelompok Penyelenggara Pemungutan Suara ( KPPS) Kota Bekasi yang gugur usai bertugas dalam Pemilu 2019.

Padahal, petugas KPPS Kota Bekasi yang gugur usai bertugas pada hari pencoblosan 17 April berjumlah 14 orang.

Komisioner KPU RI Ilham Saputra dikutip dari Kompas.com, mengatakan hal ini karena hanya 10 petugas KPPS yang kasus kematiannya memenuhi kualifikasi untuk memperoleh santunan sebesar Rp 36 juta. "Kita sebelumnya lakukan verifikasi.

Agar tepat sasaran, betul-betul anggota yang meninggal karena menjalankan tugasnya sebagai petugas KPPS," kata Ilham saat ditemui dalam acara penyerahan biaya santunan secara simbolis di kantor KPU Kota Bekasi, Jumat (12/7/2019).

Komisioner KPU Sebut KPPS Meninggal Tak Hanya Terjadi di Pemilu 2019

Ilham menyebut, pihaknya hanya dapat memberikan santunan kepada keluarga petugas KPPS yang meninggal sebelum 10 Mei 2019.

Di luar batas waktu tersebut, petugas KPPS dianggap meninggal di luar tugas.

"Yang meninggal sebelum 10 Mei kita beri santunan. Empat petugas KPPS tersisa mungkin tidak masuk kategori yang meninggal dalam tugas," ia menjelaskan.

Meskipun tidak memperoleh biaya santunan dari KPU, tetapi empat keluarga petugas KPPS di Bekasi berhak atas biaya santunan sebesar Rp 20 juta dari Pemerintah Kota Bekasi.

Pemkot Bekasi tidak menetapkan batas waktu kematian petugas KPPS.

Organisasi Medis Sebut KPU Tak Punya Sense of Crisis Terkait Meninggalnya 606 Petugas KPPS

Pemprov Jawa Barat juga mencairkan biaya santunan sebesar Rp 50 juta, tetapi untuk keluarga petugas KPPS yang gugur sebelum 4 Mei 2019.

"Kami masih terus lakukan verifikasi juga terhadap saudara-saudara kita (petugas KPPS) yang wafat di beberapa provinsi lain. Saya turut berduka cita," kata Ilham.

Data Kementerian Kesehatan melalui dinas kesehatan tiap provinsi mencatat petugas Kelompok Penyelenggara Pemungutan Suara (KPPS) meninggal mencapai 527 jiwa.

Artikel ini telah tayang di Kompas.com dengan judul "KPU Hanya Santuni 10 dari 14 Keluarga Petugas KPPS Bekasi yang Gugur, Ini Alasannya..."

Editor: Dedy Herdiana
Sumber: Kompas
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved