Industri dan Teknologi Kopi Mengancam Profesi Barista yang Bisa Tersisihkan oleh Mesin

Industri dan teknologi kopi ternyata mengancam profesi barista. Ke depan, bisa jadi barista disisihkan oleh mesin.

Industri dan Teknologi Kopi Mengancam Profesi Barista yang Bisa Tersisihkan oleh Mesin
Tribun Jabar/Fasko Dehotman
Diskusi 'Celebrating Indonesia's Coffee Landscape' yang digelar di 5758 Coffee Lab, Jalan Pinus Raya Barat, Komplek Pondok Hijau Indah, Bandung, Jumat (12/7/2019) siang. 

Laporan Wartawan Tribun Jabar, Fasko Dehotman

TRIBUNJABAR.ID, BANDUNG - Maraknya bisnis coffee shop dan citra barista yang dianggap keren, tentu berdampak positif terhadap perkembangan industri kopi di Indonesia.

Terlebih lagi, profesi barista telah menjadi tren oleh berbagai kalangan, termasuk anak muda.

Menyikapi hal tersebut, Kumala Home & Kitchen beserta cikopi.com, mengajak anak muda Bandung berdiskusi tentang dunia barista, sekaligus bertemu dengan pegiat bisnis coffee shop dan industri kopi lokal.

Diskusi kali ini mengangkat tema 'Celebrating Indonesia's Coffee Landscape' yang digelar di 5758 Coffee Lab, Jalan Pinus Raya Barat, Komplek Pondok Hijau Indah, Bandung, Jumat (12/7/2019) siang.

Pembicara yang hadir dalam diskusi tersebut adalah Aga Muhammad (Barista Championship 2018), Ronaldo Prasanto (konsultan kopi), Toni Wahid (pendiri cikopi.com), Adi Taroepratjeka (Coffee Guru Indonesia), Daroe Handojo (Paberik Kopi Upnormal Roasters), dan Ucok Silitonga (Dailyroutine Coffee Bandung).

Konsultan kopi, Ronaldo Prasanto, menilai, saat ini industri kopi di Indonesia telah berkembang sangat baik.

"Selain kualitas kopi lokal yang mampu bersaing dengan kopi mancanegara, bahan biji kopi di negara kita juga sangat berlimpah. Sehingga bisa menunjang keberlangsungan bisnis tersebut," ujar Ronaldo.

Namun seiring berkembangnya teknologi di dunia industri kopi, tentu ada beberapa aspek yang dirugikan, satu di antaranya adalah barista.

Championship Indomesia 2018, Aga Muhammad Barista, mengatakan, di masa depan industri kopi lokal akan dikendalikan oleh teknologi canggih.

Halaman
12
Penulis: Fasko dehotman
Editor: taufik ismail
Sumber: Tribun Jabar
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved