DLH Kabupaten Bandung Sebut 3 Sumur Warga di Babakan Jawa Rancaekek Tercemar Limbah

DLH Kabupaten Bandung, telah melakukan uji laboratorium terkait menghitamnya air sumur milik warga di Kampung Babakan Jawa, Desa Bojongloa, Rancaekek

DLH Kabupaten Bandung Sebut 3 Sumur Warga di Babakan Jawa Rancaekek Tercemar Limbah
Tribun Jabar/ Hakim Baihaqi
Warga Kampung Babakan Jawa, Desa Bojongloa, Kecamatan Rancaekek, Kabupaten Bandung, mengeluhkan kondisi air sumur yang berubah warna menjadi hitam sejak dua bulan terakhir. 

Laporan wartawan Tribun Jabar, Hakim Baihaqi

TRIBUNJABAR.ID, BANDUNG - Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Kabupaten Bandung, telah melakukan uji laboratorium terkait menghitamnya air sumur milik warga di Kampung Babakan Jawa, Desa Bojongloa, Kecamatan Rancaekek, yang diduga tercemar limbah industri.

Dari uji laboratorium yang telah dilakukan pada Senin (7/7/2019) hingga Kamis (11/7/2019), DLH Kabupaten Bandung menguji dari lima sumur milik warga Kampung Babakan Jawa dan air dari Sungai Cikijing.

Kelima air sumur warga yang telah diambil sampelnya untuk diuji, yakni milik Syarifudin, Iwan, Dedeh, dan Sardan. Semuanya adalah warga dari RW 12 Kampung Babakan Jawa.

Kepala Seksi Penaatan Hukum Lingkungan DLH Kabupaten Bandung, Robby Dewantara, mengatakan, dari kelima sumur tersebut, ada tiga yang bermasalah, yakni sumur milik Dedeh, Iwan, dan Syarifudin.

"Hasil uji, airnya terkontaminasi cukup tinggi dan nilai COD nya pun tinggi yakni, 14 sampai 43. Sedangkan dua lagi, hanya 1 tidak terlalu tinggi, dipastikan seluruhnya tercemar," kata Robby di Kecamatan Soreang, Kabupaten Bandung, Jumat (12/7/2019).

Air Sumur di Rancaekek Menghitam, DLH Kabupaten Bandung Selidiki dan Beberkan Kemungkinan Penyebab

Robby mengatakan, sumur yang berada di Babakan Jawa adalah jenis sumur dangkal, yang memiliki kedalaman 3-5 meter dan seluruhnya berdekatan dengan Sungai Cikijing.

Namun begitu, kata Robby, pihaknya masih menunggu hasil paramater kandungan koli di dalam air tersebut, sehingga dapat diketahui apakah sumur milik warga tercemar limbah domestik atau limbah industri.

"Bila kandungan kolinya tinggi, itu dominan dari domestik sebagai kontributornya. Sedangkan kalau rendah kemungkinan besar itu berasal dari kegiatan industri," kata Robby.

Warga Kampung Babakan Jawa, Desa Bojongloa, Kecamatan Rancaekek, Kabupaten Bandung, mengeluhkan kondisi air sumur yang berubah warna menjadi hitam sejak dua bulan terakhir.

Halaman
12
Penulis: Hakim Baihaqi
Editor: Dedy Herdiana
Sumber: Tribun Jabar
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved