Dinilai Punya Potensi Wisata, Kabupaten Cirebon Terpilih Jadi Penyelenggara Gowes Nusantara

Kabupaten Cirebon terpilih menjadi salah satu penyelenggara Gowes Nusantara Etape Cirebon Katon (GNECK) yang akan digelar pada 4 Agustus mendatang.

Dinilai Punya Potensi Wisata, Kabupaten Cirebon Terpilih Jadi Penyelenggara Gowes Nusantara
TRIBUN JABAR/AHMAD IMAM BAEHAQI
Ilustrasi: Puluhan goweser saat akan melanjutkan perjalanan menuju Surabaya dari Terminal Harjamukti, Kota Cirebon, Senin (30/4/2018). 

Laporan Wartawan Tribun Jabar, Siti Masithoh

TRIBUNJABAR.ID, CIREBON - Kabupaten Cirebon terpilih menjadi salah satu penyelenggara Gowes Nusantara Etape Cirebon Katon (GNECK) yang akan digelar pada 4 Agustus mendatang.

Acara tersebut diselenggarakan di 61 titik di Indonesia. Kabupaten Cirebon sendiri satu-satunya kabupaten terpilih di Jawa Barat untuk menyelenggarakannya.

Sekretaris Disbudparpora Kabupaten Cirebon, R Chaidir menjelaskan, program tersebut berasal dari Kemenpora. Kabupaten Cirebon terpilih karena dianggap memiliki potensi wisata.

Suasana senja di Setupatok, Kabupaten Cirebon.
Suasana senja di Setupatok, Kabupaten Cirebon. (Tribun Jabar/Siti Masithoh)

“Ini program Kemenpora dan Kabupaten Cirebon menjadi satu-satunya Kabupaten/Kota di Jawa Barat yang ditunjuk menyelenggarakannya,” kata dia saat ditemui di kantornya, Jumat (12/7/2019).

Goes tersebut diperuntukan untuk umum, tidak terfokus untuk profesional saja.

“Terbuka, baik untuk pesepeda komunitas maupun masyarakat umum. Nanti start dan finish di Stadion Ranggajati Sumber,” kata dia.

Pihaknya menargetkan untuk peserta minimal mencapai 1.000 orang.

“Yang membanggakan, 61 titik se Indonesia, dan untuk Jawa Barat ditempatkan di kita di Kabupaten Cirebon. Kalau anggaran dari Kemenpora, kita hanya sebagai penyelenggara,” kata dia

Penyelenggaraan GNECK sendiri mengambil moto “Kita Semua Bersaudara”.

Suhu Terpanas di Cirebon Jumat Ini Bisa Capai 35 Derajat Celsius, Berikut Info Cuaca Selengkapnya

Pembangunan Sport Center Watubelah Cirebon Akan Dilanjutkan Bulan Agustus

Adapun untuk penunjukan sebagai tuan rumah, kata dia, salah satu faktornya mengingat Kabupaten Cirebon memiliki banyak potensi wisata.

Untuk persiapan acara sendiri, pihaknya mengaku sudah mencapai 80 persen. Rutenya akan mengelilingi desa-desa wisata di Kabupaten Cirebon, di antaranya Desa Tegalwangi sebagai potensi rotan.

“Rapat-rapat sudah kita lakukan, tadi pagi kita lakukan rapat kordinasi. Kita melibatkan banyak pihak, dari segi keamanan, kesehatan, kemudian Dishub,” ungkapnya.

Meski pelaksanan gowes tersebut akan dilaksanakan bertepatan dengan Car Free Day (CFD) di kawasan Pemda yang rutin dilaksanakan, pihaknya akan mensterilkan lokasi tersebut.

"Hanya butuh sterilisasi di area tertentu saja. Kan pelaksanaan acara di stadion, nanti CFD tetap berjalan,” pungkasnya.

Penulis: Siti Masithoh
Editor: Dedy Herdiana
Sumber: Tribun Jabar
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved