Cor Beton Proyek Jalan Tol BORR Tumpah, Dua Pekerja Luka Ringan

Direktur Utama PT Marga Sarana Jabar (MSJ) selaku anak usaha PT Jasa Marga (Persero) Tbk yang mengoperasikan Jalan Tol BORR, Hendro Atmodjo

Cor Beton Proyek Jalan Tol BORR Tumpah, Dua Pekerja Luka Ringan
Facebook
Ilustrasi cor beton 

Laporan Wartawan Tribun Jabar, M Syarif Abdussalam

TRIBUNJABAR.ID, BANDUNG- Cor beton di lokasi proyek Jalan Tol Bogor Ring Road ( BORR ) Seksi 3A (Simpang Yasmin-Simpang Semplak) arah Parung, tepatnya di pier 10 di depan Perumahan Taman Sari Persada Kota Bogor tumpah, Rabu (10/7/2019) pukul 05.15.

Direktur Utama PT Marga Sarana Jabar (MSJ) selaku anak usaha PT Jasa Marga (Persero) Tbk yang mengoperasikan Jalan Tol BORR, Hendro Atmodjo, menjelaskan saat proses pengecoran beton berlangsung, balok penyangga atau cetakan pier head tidak kuat sehingga melengkung dan mengakibatkan beton tumpah ke jalan arteri di bawahnya.

“Kejadian tersebut terjadi saat pengecoran pada truck mixer yang ke-22 dari total rencana 25 truck mixer. Tak ada korban jiwa dalam kejadian ini, sebanyak dua orang pekerja mengalami luka ringan akibat material dan saat ini sudah dalam perawatan,” kata Hendro melalui ponsel, Rabu (10/7/2019).

Demi keamanan dan kenyamanan pengguna jalan, PT MSJ telah menghentikan pekerjaan sementara untuk mengevaluasi metode pelaksanaan proyek secara menyeluruh bersama Kontraktor PT PP (Persero) Tbk dan Konsultan PT Indec KSO agar kejadian yang sama tidak terjadi di waktu mendatang.

“Saat ini kami juga bekerja sama dengan kepolisian melakukan rekayasa lalu lintas dengan mengalihkan kendaraan yang menuju arah Parung dialihkan ke Simpang Yasmin lalu ke Simpang Semplak atau Atang Sanjaya, begitu pun sebaliknya,” ucap Hendro.

Wakapolda Jabar Masuk Daftar 13 Jenderal Polisi yang Lolos Seleksi Administrasi Capim KPK

Ingat Christian Bekamenga? Eks Striker Tajam Persib Bandung Itu Kini Berstatus Bebas Transfer

Hendro menjelaskan secara terus-menerus telah dilakukan pengawasan terhadap setiap tahapan pengecoran, termasuk checklist kelendutannya. Pihaknya juga sudah memerintahkan untuk menghentikan seluruh kegiatan proyek sementara.

Untuk mengidentifikasi lebih lanjut penyebab terjadinya insiden ini, tim Komisi Keamanan Jembatan dan Terowongan Jalan (KKJTJ) akan melakukan peninjauan ke lokasi proyek Jalan Tol Bogor Ring Road Seksi 3A (Simpang Yasmin- Simpang Semplak).

KKJTJ akan melakukan penelitian dan mengevaluasi penyebab kejadian ini. Nantinya hasil evaluasi tersebut akan diaplikasikan dalam metode kerja agar kejadian yang sama tidak akan terulang lagi.

Jasa Marga dan PT MSJ memohon maaf atas ketidaknyamanan yang terjadi akibat kejadian ini.

Jasa Marga dan PT MSJ juga akan terus melakukan tindakan preventif dan korektif dengan tetap mengedepankan unsur-unsur Keselamatan dan Kesehatan Kerja (K3), serta evaluasi untuk memastikan keamanan dan kenyamanan pengguna jalan.

Kejadian ini berdampak pada kemacetan lalu lintas mengingat material menutupi badan jalan. Kondisi Jl Sholeh Iskandar ditutup pada kedua arahnya, sementara untuk pergerakan lalu lintas diarahkan melalui Jl Atang Sanjaya. 

Penulis: Muhamad Syarif Abdussalam
Editor: Tarsisius Sutomonaio
Sumber: Tribun Jabar
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved