Beberapa Jam Sebelum Berangkat ke Tanah Suci, Jemaah Haji asal Tidore Meninggal Dunia

eorang calon jemaah haji asal kota Tidore Kepulauan meninggal dunia hanya beberapa jam sebelum berangkat ke Tanah Suci

Beberapa Jam Sebelum Berangkat ke Tanah Suci, Jemaah Haji asal Tidore Meninggal Dunia
KOMPAS.COM via DEUTSCH WELLE
ILUSTRASI-- Seorang calon jemaah haji asal kota Tidore Kepulauan, Maluku Utara, meninggal dunia hanya beberapa jam sebelum berangkat ke Tanah Suci. 

TRIBUNJABAR.ID, MAKASSAR- Seorang calon jemaah haji asal kota Tidore Kepulauan, Maluku Utara, meninggal dunia hanya beberapa jam sebelum berangkat ke Tanah Suci.

Nama calon jemaah haji yang meninggal dunia itu adalah Suhaima Kahar Umar (61). Ia meninggal di Rumah Sakit Dr. Wahidin Sudirohusodo, Makassar, Kamis (11/7/2019) sekitar pukul 13.40 Wita.

Ketua Panitia Penyelenggara Ibadah Haji Embarkasi Makassar Anwar Abubakar menyebut bahwa Suhaima tergabung dalam kloter 7 Embarkasi Makassar.

Ia bersama rombongan kloter 7 tiba di Asrama Haji Sudiang Rabu (10/7/2019) sekitar pukul 20.00 Wita dan dijadwalkan berangkat pada pukul 23.00 Wita, Kamis keesokan harinya.

Suhaima sempat dirawat di Poliklinik Asrama Haji Sudiang sebelum dirujuk ke RS. Dr. Wahidin Sudirohusodo.

Sehari, 200 Bungkus Rokok Disita Jemaah Haji di Bekasi, Ada yang Disembunyikan dalam Beras

Kloter Pertama Jemaah Haji asal Garut Berangkat, Isak Tangis pun Terdengar di Pendopo

"Laporan dan informasi yang kami terima bahwa memang almarhumah ini dalam keadaan capek kemudian almarhumah ini ada gangguan kesehatan ya mungkin komplikasi tetapi yang pasti bahwa sudah ajalnya. Infromasi dan laporan yang kami terima beliau ini ada ganngguan pada jantung," kata Anwar, Jumat (12/7/2019).

Jenazah Suhaima, kata Anwar akan dipulangkan pada Jumat siang ini. Beberapa kerabatnya sudah tiba di ruang jenazah Rumah Sakit Dr Wahidin Sudirohusodo untuk membawa almarhumah pulang.

"Semoga niat dari almarhumah menjalankan ibadah haji sudah terkabulkan oleh Allah SWT," imbuhnya.

Cuaca panas hingga 46 derajat

Anwar yang juga menjabat sebagai Kepala Kanwil Kemenag Sulsel ini mengimbau kepada seluruh calon jemaah haji untuk tetap memperhatikan kesehatan dan tetap menjaganya selama proses haji berlangsung.

Persiapan fisik yang memadai dinilai cukup penting untuk menghadapi cuaca panas di Arab Saudi saat ini.

"Kami imbau untuk jemaah agar bisa mengimbangi makanan dan minumnya mengingat bahwa situasi kondisi cuaca saat ini cenderung berubah ubah. Apalagi di tanah suci cuaca saat ini panas sampai 46 derajat," katanya.  (Kontributor Makassar, Himawan)

Artikel ini telah tayang di Kompas.com dengan judul "Calon Jemaah Haji Asal Tidore Meninggal Beberapa Jam Sebelum Berangkat"

Editor: Tarsisius Sutomonaio
Sumber: Kompas
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved