Ada Pabrik Bikin Saluran Limbah Ilegal di Cimahi, Ini Kata Wakil Wali Kota

Pembuangan limbah melalui saluran tersembunyi, ucapnya, bisa mencemari aliran Sungai Citarum apalagi limbah itu tanpa diolah melalui proses IPAL

Ada Pabrik Bikin Saluran Limbah Ilegal di Cimahi, Ini Kata Wakil Wali Kota
Tribun Jabar/ Hilman Kamaludin
Wakil Wali Kota Cimahi, Ngatiyana di Gedung Technopark, Jalan Baros, Kota Cimahi. 

Laporan Wartawan Tribun Jabar, Hilman Kamaludin

TRIBUNJABAR.ID, CIMAHI- Wakil Wali Kota Cimahi, Ngatiyana, menyayangkan masih adanya industri atau pabrik yang membuang limbah melalui saluran tersembunyi atau ilegal di Cimahi.

Pembuangan limbah melalui saluran tersembunyi, ucapnya, bisa mencemari aliran Sungai Citarum apalagi limbah itu tanpa diolah melalui proses Instalasi Pengolahan Air Limbah (IPAL).

"Jadi temuan saluran limbah (ilegal) itu harus menjadi pembelajaran untuk semua industri atau perusahaan di Kota Cimahi," ujar Ngatiyana saat ditemui di Kompleks Perkantoran Pemkot Cimahi, Jumat (12/7/2019).

Pihaknya juga mengingatkan  perusahaan agar memperbaiki IPAL-nya dan tidak membuang limbah secara langsung tanpa disaring terlebih dulu apalagi melalui saluran tersembunyi.

"Mohon untuk pengusaha industri dipatuhi. Jangan sampai membuang limbah ini masih ada yang sembarangan karena dampaknya sangat besar sekali terhadap kehidupan masyarkat," katanya.

Satgas Citarum Temukan Pabrik Buat Saluran Limbah Ilegal, DLH Kota Cimahi Akan Lakukan Verifikasi

Satgas Citarum Masih Temukan Pabrik Bikin Saluran Pembuangan Limbah Ilegal di Kota Cimahi

Ia mengatakan, para pengusaha industri itu harus berkomitmen bahwa program Citarum Harum di laksanakan bersama-sama untuk kepentingan masyarakat.

"Untuk itu semua perusahaan di Kota Cimahi harus memiliki budaya malu dan cinta lingkungan karena kalau membung limbah sembarangan supaya tidak terkena dampaknya dari pembuangan limbah itu," ucapnya.

Diberitakan sebelumnya, Satuan Tugas atau Satgas Citarum sektor 21 masih menemukan pabrik di Kota Cimahi yang membuat saluran pembuangan air limbah secara tersembunyi atau salurannya tak ada di lokasi yang sudah ditentukan.

Pabrik yang kedapatan memiliki saluran pembuangan tersembunyi itu yakni PT Bintang Warna Mandiri (BWM), Jalan Cibaligo, Kelurahan Cibeureum, Kecamatan Cimahi Selatan, Kota Cimahi.

Penulis: Hilman Kamaludin
Editor: Tarsisius Sutomonaio
Sumber: Tribun Jabar
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved