Tahun Ini 200 PNS di Pemkot Cimahi Pensiun, Jumlah Abdi Negara di Cimahi Kian Tak Ideal

Tahun ini 200 PNS di Pemkot Cimahi bakal pensiun, padahal jumlah abdi negara di Pemkot Cimahi tak ideal.

Tahun Ini 200 PNS di Pemkot Cimahi Pensiun, Jumlah Abdi Negara di Cimahi Kian Tak Ideal
TRIBUN JABAR / DEDY HERDIANA
Kantor Pemkot Cimahi, Selasa (14/10/2014). 

Laporan Wartawan Tribun Jabar, Hilman Kamaludin

TRIBUNJABAR.ID, CIMAHI - Sebanyak 200 Pegawai Negeri Sipil (PNS) yang bekerja di lingkungan Pemerintah Kota Cimahi tahun ini akan memasuki masa pensiun, padahal jumlah pegawai di Pemkot Cimahi saat ini tidak ideal.

Berdasarkan data Badan Pengelolaan dan Sumber Daya Manusia Daerah (BPKSDMD) Kota Cimahi, dari jumlah itu rinciannya sebanyak 174 orang pensiun karena Batas Usia Pensiun (BUP) dan sisanya karena permintaan sendiri serta ada yang meninggal.

Sekretaris BPKSDMD, Kota Cimahi, Heni Tishaeni, mengatakan, dengan pensiunnya ratusan PNS itu, otomatis akan mengurangi jumlah abdi negara di Kota Cimahi.

"Jumlah abdi negara di Kota Cimahi secara keseluruhan hanya ada sekitar 4.500 orang, kalau idealnya itu lebih dari 6.000 orang," ujarnya saat ditemui di kompleks perkantoran Pemkot Cimahi, Kamis (11/7/2019).

Menurutnya, dengan kondisi kekurangan PNS itu, kemungkinan tidak akan terkover dalam satu atau dua tahun ke depan meski ada seleksi Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS) maupun Pegawai Pemerintah dengan Perjanjian Kerja (P3K).

"Jumlah pensiun enggak seimbang sama penerimaan. Jumlah pensiun dengan yang kami seleksi sekarang tidak memenuhi, masih kurang," katanya.

Pada tahun lalu, Pemkot Cimahi mendapatkan amunisi tambahan dengan adanya 238 CPNS dan 21 P3K. Namun, jumlah itu jelas masih sangat jauh jika melihat kebutuhan yang ada saat ini.

"Setiap tahun Pemkot Cimahi juga kerap mendapat amunisi tambahan dari PNS yang pindah tugas dari daerah lain. Jumlahnya rata-rata mencapai 20 orang," katanya.

Namun jumlah PNS yang pindah dari Kota Cimahi pun, kata dia, setiap tahunnya tidak seimbang dan itu menyebabkan jumlahnya hingga saat ini tidak ideal.

Atas hal tersebut, kata Heni, tahun ini Pemkot Cimahi sudah mengusulkan 100 formasi untuk CPNS dan P3K dengan rincian 70 persen P3K, 30 persen CPNS.

Usulan itu berdasarkan kemampuan anggaran dan itu pun belum tentu direstui pemerintah pusat.

"Untuk memenuhi kebutuhan PNS, setiap OPD di lingkungan Pemkot Cimahi juga kerap merekrut pegawai non-PNS atau Tenaga Harian Lepas (THL) sebagai upaya mengisi kekurangan," katanya.

Berdasarkan data BPKSDMD Kota Cimahi, jumlah THL di semua Organisasi Perangkat Daerah (OPD) Kota Cimahi mencapai 2.100 orang yang dibayar menggunakan anggaran OPD masing-masing.

Belum Semua Instansi Pemerintah Pusat dan Pemerintah Daerah Serahkan Kebutuhan Formasi untuk CPNS

INFO CPNS 2019, Pendaftaran CPNS dan PPPK Akan Dibuka Tiga Bulan Lagi

Penulis: Hilman Kamaludin
Editor: taufik ismail
Sumber: Tribun Jabar
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved