Satgas Citarum Temukan Pabrik Buat Saluran Limbah Ilegal, DLH Kota Cimahi Akan Lakukan Verifikasi

Dinas Lingkungan Hidup Kota Cimahi akan melakukan verifikasi terkait temuan satu pabrik yang membuang limbah secara ke anak Sungai Citarum.

Satgas Citarum Temukan Pabrik Buat Saluran Limbah Ilegal, DLH Kota Cimahi Akan Lakukan Verifikasi
istimewa
Satgas Citarum Sektor 21 saat menemukan saluran pembuangan limbah tersembunyi. 

Laporan Wartawan Tribun Jabar, Hilman Kamaludin

TRIBUNJABAR.ID, CIMAHI - Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Kota Cimahi akan melakukan verifikasi terkait temuan satu pabrik tekstil yang pengelolanya membuat saluran pembuangan air limbah secara tersembunyi atau ilegal.

Kepala DLH Kota Cimahi, Mochamad Ronny, mengatakan, verifikasi tersebut untuk memastikan pelanggaran yang sudah dilakukan pihak pabrik dengan cara melakukan uji laboratorium untuk mengecek baku mutu limbah cair yang dibuang ke aliran anak sungai Citarum.

"Iya, terkait hal itu kami akan melakukan verifikasi dulu ke lapangan untuk memastikan apa pelanggaran yang sudah dilakukan," ujarnya saat dihubungi melalui sambungan telepon, Kamis (11/7/2019).

Menurutnya, terkait dengan pabrik yang melakukan pelanggaran terhadap peraturan wajib dikenakan sanksi, termasuk pabrik yang membuat saluran pembuangan limbah ilegal karena ada aturan yang sudah ditetapkan.

"Sanksinya yang kami berikan adalah administratif atau tertulis, bahwa pertama perusahaan kami tegur dulu. Setelah itu pelanggarannya harus diperbaiki sesuai aturan," katanya.

Selain itu, pihaknya juga akan meningkatkan pengawasan agar tidak ada lagi temuan pabrik yang membuat saluran pembuangan limbah ilegal karena limbahnya bisa mencemari aliran anak Sungai Citarum.

"Pasti kalau pengawasan akan kami tingkatkan karena hal itu berkaitan dengan percepatan pengendalian Das Citarum," kata Ronny.

Diberitakan sebelumnya, Satuan Tugas (Satgas) Citarum sektor 21 masih menemukan pabrik di Kota Cimahi yang membuat saluran pembuangan air limbah secara tersembunyi atau salurannya tidak berada di lokasi yang sudah ditentukan.

Pabrik yang kedapatan memiliki saluran pembuangan tersembunyi itu yakni PT Bintang Warna Mandiri (BWM), di Jalan Cibaligo, Kelurahan Cibeureum, Kecamatan Cimahi Selatan, Kota Cimahi, Selasa (9/7/2019).

Satgas Citarum Masih Temukan Pabrik Bikin Saluran Pembuangan Limbah Ilegal di Kota Cimahi

Penulis: Hilman Kamaludin
Editor: taufik ismail
Sumber: Tribun Jabar
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved