Nasihat Amien Rais Berkode 'Jangan Rabun Ayam' Bisa Bermakna Dukungan PAN Gabung Jokowi

Amien Rais: Jangan kita rabun ayam. Hanya karena satu kursi, kemudian kita bergabung. Nasihat Amien Rais sinyal dukungan PAN gabung Jokowi.

Nasihat Amien Rais Berkode 'Jangan Rabun Ayam' Bisa Bermakna Dukungan PAN Gabung Jokowi
Kolase Tribun Jabar
Amien Rais - Prabowo - Jokowi 

Laporan Wartawan Tribunjabar.id, Syarif Abdussalam

TRIBUNJABAR.ID, BANDUNG - Senior Partai Amanat Nasional (PAN) Amien Rais mengingatkan kepada jajaran pimpinan pusat DPP PAN untuk berhati-hati dalam memilih langkah politik setelah Pilpres 2019.

Nasihat Amien Rais itu menyoroti kemungkinan PAN bergabung dengan kubu Joko Widodo atau Jokowi yang memenangkan Pilpres 2019.

Sekitar sepekan lalu, beredar video Amien Rais yang mengatakan nasihat kepada DPP PAN untuk hati-hati dalam memilih langkah politik setelah Pilpres 2019. Amien menjelaskan terdapat kontroversi apakah PAN akan bergabung dengan koalisi pemerintah yang memenangkan Pilpres 2019 atau menjadi oposisi.

"Jangan kita rabun ayam. Hanya karena satu kursi, kemudian kita bergabung. Kemudian bagaimana pendapat, opini, yang hampir 10 juta pemilih kita itu," kata Amien dalam video yang mendapat julukan video rabun ayam tersebut.

Amien Rais Sering Serukan People Power, PAN Kini Siap Gabung Pemerintah, Kubu Jokowi Menerima?

Amien Rais kemudian mengajak berbagai pihak memikirkan matang berbagai kemungkinan jika memilih menjadi oposisi atau pendukung pemerintah.

Pakar politik dari Universitas Padjadjaran Firman Manan mengatakan nasihat Ketua Dewan Kehormatan Partai Amanat Nasional (PAN) Amien Rais kepada jajaran DPP PAN mengenai pilihan PAN untuk bergabung dengan koalisi pemerintah atau menjadi oposisi, membuka kemungkinan partai yang awalnya mendukung Prabowo-Sandi ini bergabung dengan koalisi pemerintah.

Anggota Dewan Pembina Badan Pemenangan Nasional (BPN) pasangan Prabowo Subianto-Sandiaga Uno, Amien Rais memenuhi panggilan kedua penyidik Polda Metro Jaya, Jumat (24/5/2019).
Anggota Dewan Pembina Badan Pemenangan Nasional (BPN) pasangan Prabowo Subianto-Sandiaga Uno, Amien Rais memenuhi panggilan kedua penyidik Polda Metro Jaya, Jumat (24/5/2019). ((KOMPAS.COM/ RINDI NURIS VELAROSDELA))

Firman mengatakan sebelumnya Amien Rais sangat kuat membawa PAN untuk menjadi partai oposisi.

Namun dengan adanya ungkapan Amien Rais dalam sebuah video yang beredar di media sosial itu, Firman mengatakan Amien Rais pun bisa saja menyiratkan syarat PAN jika ingin bergabung dengan koalisi pemerintah.

"Sebelum pilpres pun, Amien Rais sudah menunjukkan tidak mendukung Jokowi. Dengan adanya pernyataan itu, jadinya tidak eksplisit di posisi sebelumnya, tapi kondisinya jadi bersayap," kata Firman saat dihubungi, Kamis (11/7).

Surat Terbuka Istri Penulis Buku Jokowi People Power untuk Amien Rais: Tak Sepantasnya Dilakukan

Halaman
12
Penulis: Muhamad Syarif Abdussalam
Editor: Kisdiantoro
Sumber: Tribun Jabar
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved