Garut Jadi Pemasok Anjing Terbesar ke Sumatera, 2.000 Dosis Vaksin Rabies Pun Dibagikan Gratis

Sebanyak 2.000 dosis vaksin rabies disuntikan kepada anjing yang menjadi hewan penular rabies oleh Kementerian Pertanian

Garut Jadi Pemasok Anjing Terbesar ke Sumatera, 2.000 Dosis Vaksin Rabies Pun Dibagikan Gratis
Tribunjabar/Firman Wijaksana
Petugas Badan Karantina Pertanian (Barantan) menyuntikan vaksin rabies ke anjing saat kegiatan vaksinasi rabies gratis di SOR Ciateul, Kamis (11/7/2019). 

Laporan Wartawan Tribun Jabar, Firman Wijaksana

TRIBUNJABAR.ID, GARUT - Sebanyak 2.000 dosis vaksin rabies disuntikan kepada anjing yang menjadi hewan penular rabies oleh Kementerian Pertanian. Vaksinasi gratis ini dilaksanakan di Kabupaten Garut yang jadi salah satu pemasok anjing terbesar ke Pulau Sumatera.

Kepala Karantina Pertanian Cilegon, Raden Nurcahyo Nugroho mengatakan, Garut jadi pemasok anjing terbesar kedua ke Pulau Sumatera setelah Sumedang. Vaksinasi gratis tersebut dilakukan untuk membangun kesadaran pencegahan rabies.

"Vaksinasi kami lakukan di delaan titik. Yakni Kecamatan Garut Kota, Tarogong Kaler, Tarogong Kidul, Samarang, Bayongbong, Wanaraja, Banyuresmi, dan Leles," ujar Raden usai kegiatan vaksinasi rabies gratis di SOR Ciateul, Kamis (11/7/2019).

Ia menyebut, frekuensi lalu lintas anjing dari Jawa ke Sumatera melalui Pelabuhan Merak di Cilegon cukup tinggi. Berdasarkan data sistem otomasi Karantina Pertanian, volume anjing yang melintas tiga tahun terakhir terus meningkat.

Cerita Dokter Tim tentang Cedera Deden Natshir, Skuat Persib Bandung Diliburkan

Dari hasil pemantauan tahun 2018, hanya sekitar 21 persen anjing yang memiliki kekebalan yang cukup protektif.

"Kami harap dengan vaksinasi rabies ini, bisa menghasilkan tingkat kekebalan memadai di Garut. Minimal pencapaiannya 70 persen. Hewan penular rabies pun dapat diyakini kesehatannya," katanya.

2 Anjing Pelacak Barrack dan Excel Bantu Ungkap 169 Kg Ganja yang Disembunyikan di Mobil

Penulis: Firman Wijaksana
Editor: Ichsan
Sumber: Tribun Jabar
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved