Cerita Erni Menggeluti Olahraga Tinju, Semula Sembunyi-sembunyi Kini Bisa Memberikan Prestasi

Bagi sebagian perempuan, tinju merupakan olahraga ekstrem. Tapi tidak bagi Erni Amalia. Ia bisa berprestasi di atas ring juga lulus S2.

Cerita Erni Menggeluti Olahraga Tinju, Semula Sembunyi-sembunyi Kini Bisa Memberikan Prestasi
Tribun Jabar/Lutfi Ahmad Mauludin
Erni (tengah) sedang melakukan latih tanding bersama atlet Jabar lainnya, di Sasana Tinju KONI Jabar. 

TRIBUNJABAR.ID, BANDUNG - Olahraga tinju yang sarat akan pukulan jarang digeluti oleh kaum wanita, terutama di Jawa Barat.

Banyak yang menganggap tinju merupakan olahraga bela diri yang ekstrem.

Namun tidak bagi mojang asal Kabupaten Bandung Barat ini. Semula ia iseng berlatih tinju, tapi kini justru berprestasi di olahraga baku pukul tersebut.

Ia adalah Erni Amalia, yang hingga kini sudah banyak mengumpulkan medali baik tingkat nasional atau daerah. Bahkan ia juga pernah mendapatkan medali perunggu di tingkat internasional pada kejuaraan terbuka di Belanda.

Padahal awal ia berlatih hanya iseng dan berlatih secara sembunyi-sembunyi dari orang tuanya karena tidak mendapatkan izin.

Erni mengaku, awal menggeluti tinju karena membuat skripsi terkait tinju.

“Membuat skripsi tinju karena sebelumnya sulit mendapatkan persetujuan dari dosen. Saat mengambil pembahasan tinju karena jarang yang membahas, langsung disetujui,” ujar Erni setelah berlatih di Sasana Tinju KONI Jabar, Kamis (11/7/2019).

Erni menambahkan, saat membuat skripsi di FPOK UPI membahas terkait tinju dibanti oleh pelatih tinju, Saulus.

“Pak Saulus nyuruh ikut latihan, saya langsung ikut latihan tapi malah menjadi jalan hidup saya. Saya juga awalnya berpikir tinju itu ekstrem tapi setelah berlatih tidak seekstrim yang dibayangkan,” ujar Erni sambil tersenyum.

Menurut Erni, dalam tinju terdapat teknik. Setelah latihan ia mengetahui tinju tak seekstrim yang dibayangkan sebelumnya.

Halaman
12
Penulis: Lutfi Ahmad Mauludin
Editor: taufik ismail
Sumber: Tribun Jabar
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved