Operator Beko Tewas Terkubur Longsor Batu Galian C, Begini Kronologinya

Kejadian tersebut bermula saat korban sedang mengeruk batu di Galian C menggunakan beko di Gunung Kuda Desa Cipanas, Kecamatan Dukupuntang

Operator Beko Tewas Terkubur Longsor Batu Galian C, Begini Kronologinya
Istimewa
Para pekerja saat melakukan evakuasi terhadap Dede (30), korban yang tertimbun longsor batu galian C di Gunung Kuda Desa Cipanas, Kecamatan Dukupuntang, Kabupaten Cirebon, Selasa (9/7/2019). 

Laporan Wartawan Tribun Jabar, Siti Masithoh

TRIBUNJABAR.ID, CIREBON - Dede (30), warga Blok II Wanggung Wangi, Desa Girinata, Kecamatan Dukupuntang, Kabupaten Cirebon tewas tertimbun longsor batu galian C Yayasan Alazhariyah pada Selasa (9/7/2019).

Kejadian tersebut bermula saat korban sedang mengeruk batu di Galian C menggunakan beko di Gunung Kuda Desa Cipanas, Kecamatan Dukupuntang sekitar pukul 13.30 WIB.

Longsoran batu yang menimpa korban diduga akibat kurang mengantisipasi kondisi dinding bukit dengan kemiringan mencapai 45 derajat.

Saat beko dioperasikan untuk mengeruk, dinding itu kontan longsor dan menimbun beko yang seketika terkubur.

Berdasarkan informasi yang dihimpun Tribun Jabar, longsor terjadi sangat cepat dan korban tidak dapat menyelamatkan diri dari bebatuan yang berjatuhan tersebut.

"Ya tiba-tiba saja longsornya langsung menimpa beko. Dede nggak sempat lari karena longsor langsung menimbun dia," ujar Maman Faturohman (54), pekerja galian C yang melihat kejadian tersebut.

Ramai Soal Rencana Pemblokiran Ponsel Black Market, Begini Cara Bedakan HP Resmi atau BM

Sementara itu, Sutarjo (46), mandor kegiatan penggalian, mengaku bahwa longsor terjadi di luar dugaannya.

"Selama ini Dede salah satu operator beko yang berpengalaman. Namanya kecelakaan, tidak ada yang tahu," kata dia kepada awak media.

Setelah melihat kejadian tersebut, pihaknya memerintahkan pekerja lainnya agar segera menyelamatkan korban.

Para pekerja mulai bergerak menggali tanah longsor dan menyelamatkan korban.

"Pas kita berhasil mengeluarkannya, korban sudah dalam kondisi terluka parah. Terus kami bawa ke rumah sakit, namun tidak bisa diselamatkan;" kata dia.

Ini Daftar Pemain Persib yang Dibawa untuk Lawan Persija di Lanjutan Liga 1 2019

Kapolres Cirebon, AKBP Suhermanto melalui Kasubag Humas Polres Cirebon, Iptu Muhyidin, membenarkan adanya kejadian tersebut.

"Kami masih terus melakukan pendalaman atas peristiwa yang menewaskan pekerja galian itu. Korban sudah dievakuasi dan dibawa ke rumah duka," katanya.

Dia mengimbau kepada masyarakat khususnya para pekerja galian untuk lebih berhati-hati saat bekerja.

Penulis: Siti Masithoh
Editor: Dedy Herdiana
Sumber: Tribun Jabar
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved