Kampung Toleransi Diresmikan, Oded Berharap Persatuan dan Kondusivitas di Kota Bandung Terjaga

Wali Kota Bandung, Oded M. Danial meresmikan kampung toleransi di RW 04 dan RW 05 Jalan Sasak Gantung Kelurahan Balonggede Kecamatan Regol.

Kampung Toleransi Diresmikan, Oded Berharap Persatuan dan Kondusivitas di Kota Bandung Terjaga
Istimewa/Humas Kota Bandung
Wali Kota Bandung, Oded M. Danial, Wakil Wali Kota Bandung, Yana Mulyana, dan Sekda Kota Bandung, Ema Sumarna serta tokoh pemuka agama dan aparat kewilayahan berfoto bersama usai acara peresmian kampung toleransi di RW 04 dan RW 05 Jalan Sasak Gantung Kelurahan Balonggede Kecamatan Regol. 

Laporan Wartawan Tribun Jabar, Cipta Permana

TRIBUNJABAR.ID, BANDUNG - Wali Kota Bandung, Oded M Danial meresmikan kampung toleransi di RW 04 dan RW 05 Jalan Sasak Gantung Kelurahan Balonggede Kecamatan Regol.

Kampung toleransi di kawasan Balong Gede, Kecamatan Regol ini menjadi lokasi keempat yang dimiliki Kota Bandung, setelah sebelumnya berada di kawasan Jamika, Kecamatan Bojongloa Kaler; Kawasan Paledang, Kecamatan Lengkong, dan di Kecamatan Babakan Ciparay.

Oded mengatakan, program kampung toleransi yang dicanangkan oleh Pemerintah Kota Bandung selama ini, merupakan bagian dari upaya-upaya membangun kondusifitas masyarakat, khususnya kerukunan kehidupan sosial antar umat beragama di Kota Bandung.

"Kita semua menyadari bahwa Tuhan atau Allah Swt telah menakdirkan bahwa Indonesia, termasuk Kota Bandung di dalamnya dihuni oleh masyarakat yang majemuk dan memiliki keberagaman suku, budaya, dan agama. Oleh karena itu Pemkot Bandung akan terus berupaya menghadirkan sebuah kehidupan toleransi beragama bagi seluruh warga Kota Bandung," ujarnya di Gedung Sekolah Dasar Assalaam, Selasa (9/7/2019).

Anies Baswedan Bilang Begini Soal Laga Persija Jakarta vs Persib Bandung

Oded menuturkan, program kampung toleransi tidak akan terhenti hanya di Kecamatan Balong Gede, namun sebaliknya, Ia justru menginginkan seluruh komponen masyarakat beserta aparat kewilayahan dapat terus menambah jumlah kampung toleransi di seluruh wilayah di Kota Bandung.

Meski demikian, Oded pun menyadari bahwa pembentukan kampung toleransi bukanlah sebuah hal yang mudah untuk dilakukan. Oleh karena itu dibutuhkan peran serta dan komitmen pemahaman bersama dari seluruh pihak guna mewujudkan program tersebut.

"Mang Oded selalu sampaikan kepada para lurah, camat dan aparat kewilayahan lainnya sebagai kepanjangan tangan dari Pemkot Bandung, bahwa kebijakan strategis dalam membangun Kota Bandung terletak pada eratnya silaturahmi semua pihak tanpa memandang latar belakang dan golongan manapun," ucapnya.

Dengan upaya tersebut lanjutnya, diharapkan semua pihak dapat mendukung dan turut berkontribusi dalam segala upaya pembangunan di Kota Bandung, salah satunya mewujudkan kehidupan sosial yang penuh dengan sikap toleransi di masyarakat. Serta mampu menginspirasi daerah lain yang ada di Kota Bandung dan kota lain yang ada di Indonesia.

"Sebagai warga yang hidup berdampingan, maka masyarakat perlu diikat dengan tiga hal, yaitu ukhuwah di internal agamanya masing-masing, ukhuwah watoniyah atau kehidupan berbangsa dan bernegara yang harus taat aturan, dan juga ukhuwah basyariah, yang menjunjung tinggi nilai-nilai universal. Bila ketiga hal itu dilaksanakan dengan baik, Mang Oded yakin sikap toleransi akan terpelihara di Kota Bandung," ucapnya.

Ini Daftar Pemain Persib yang Dibawa untuk Lawan Persija di Lanjutan Liga 1 2019

Mang Oded pun mengimbau kepada seluruh tokoh lintas agama, agar memiliki tanggung jawab yang sama dalam rangka memberikan pemahaman kepada masyarakat di agamanya masing-masing.

Dalam kesempatan yang sama, Wakil Wali Kota Bandung, Yana Mulyana pun meminta agar keberadaan Kampung Toleransi ini dapat membangun kesadaran akan sikap toleransi di masyarakat.

“Saya rasa membangun toleransi dapat dilakukan di seluruh lapisan masyarakat, minimal diajak dan dicontohkan kepada hal positif dan sikap saling menghargai. Insya Allah tidak susah ya untuk masyarakat, dan juga saya ucapkan selamat dan semoga toleransi di wilayah ini dapat terus konsisten dilakukan kedepannya,” katanya (Cipta Permana).

Penulis: Cipta Permana
Editor: Dedy Herdiana
Sumber: Tribun Jabar
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved