Disnakertrans Kabupaten Cirebon Gelar Job Fair pada Agustus Mendatang

Kepala Disnakertrans Kabupaten Cirebon, Abdullah Subandi, menjelaskan pihaknya siap untuk mencetak para pencari kerja yang kompeten.

Disnakertrans Kabupaten Cirebon Gelar Job Fair pada Agustus Mendatang
Tribun Jabar/Siti Masithoh
Rapat tentang ketenagakerjaan di Kantor Disnakertrans Kabupaten Cirebon, Jalan Cipto, Kota Cirebon, Rabu (10/7/2019). 

Laporan Wartawan Tribun Jabar, Siti Masithoh

TRIBUNJABAR.ID, CIREBON- Dinas Tenaga Kerja dan Transmigrasi ( Disnakertrans ) Kabupaten Cirebon menargetkan para pencari kerja yang memiliki kemampuan dan dapat bersaing kompetitif di tahun ini.

Kemampuan tersebut merupakan dasar yang dianggap penting bagi masyarakat untuk menyambut lapangan pekerjaan di Kabupaten Cirebon, terlebih adanya kawasan industri di wilayah Cirebon timur.

Kepala Disnakertrans Kabupaten Cirebon, Abdullah Subandi, menjelaskan pihaknya siap untuk mencetak para pencari kerja yang kompeten.

Mereka akan dilatih di Balai Latihan Kerja (BLK), satu di antaranya di Plumbon. Dalam setahun, BLK dapat melatih sekitar 1.600 orang dan menyerap 70 persennya.

"Tanpa adanya BLK, sumber daya manusia (SDM) kita akan kalah. Skill harus disiapkan mulai sekarang," kata Abdullah saat ditemui di kantornya, Rabu (10/7/2019).

Dia berharap akan lebih banyak tenaga kerja yang terserap melalui kawasan industri yang bertambah.

Pemkab Cirebon Targetkan 5 Tahun Lagi Sudah Bisa Smart City

Siap-siap! Wilayah Ciledug Kabupaten Cirebon Akan Padam Listrik, Berikut Titik-titiknya

"Pertama yang harus disiapkan adalah menciptakan suasana kondusif agar investor bisa datang ke Cirebon, sehingga pengangguran terserap," katanya.

Senada dengan itu, Plt Bupati Cirebon, Imron Rosyadi, menginginkan Disnakertrans dapat mencetak tenaga kerja yang memiliki kemampuan.

"Kita berharap kepada Disnakertrans harus bisa mengadakan banyak kegiatan yang berhubungan dengan lapangan pekerjaan. Di Cirebon timur akan banyak industri, maka orang Cirebon sendiri yang harus diutamakan," kata Imron.

Untuk menyerap tenaga kerja, Disnakertrans akan mengadakan job fair pada 21 dan 22 Agustus dengan menghadirkan 25 perusahaan.

Pada tahun 2018, dari 2.000 peserta, dapat terserap 260 tenaga kerja baru. Tahun ini Disnakertrans menargetkan 600 tenaga kerja baru yang terserap.

Di samping itu, Imron Rosyadi menyoroti kantor Disnakertrans Kabupaten Cirebon yang kondisi gedungnya dianggap kurang pas atau nyaman.

"Kami anjurkan gedung ini diusahakan agar pantas dan lebih bagus. Kalau untuk membangunnya, kita terkendala status tanah, ini milik provinsi. Karena itu kita harus izin dulu kalau mau rehab. Kalau toh bisa milik kabupaten kan bagus," katanya.

Penulis: Siti Masithoh
Editor: Tarsisius Sutomonaio
Sumber: Tribun Jabar
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved