Daerah Selatan dan Utara Garut Alami Kekeringan, Pemkab Jamin Ketersediaan Air Bersih

Pemkab Garut menjamin ketersedian air bersih bagi warga yang mengalami kekeringan. Hingga kini, di selatan dan utara Garut dilaporkan alami kekeringan

Daerah Selatan dan Utara Garut Alami Kekeringan, Pemkab Jamin Ketersediaan Air Bersih
Tribun Jabar/Firman Wijaksana
Wakil Bupati Garut, Helmi Budiman memeriksa pusat pengendalian operasi (Pusdalop) di Kantor BPBD Garut sebagai pusat pengendalian masalah kekeringan, Selasa (9/7/2019). 

Laporan Wartawan Tribun Jabar, Firman Wijaksana

TRIBUNJABAR.ID, GARUT - Pemkab Garut menjamin ketersedian air bersih bagi warga yang mengalami kekeringan. Hingga kini, sejumlah daerah di selatan dan utara Garut dilaporkan mengalami kekeringan.

"Kami siapkan delapan tangki besar. 24 jam kalau butuh langsung lapor saja. Mau jam 02.00 pun kami siapkan. Air akan segera dikirim," ujar Bupati Garut Rudy Gunawan di Pendopo Garut, Rabu (10/7/2019).

Rudy menyebut, pihaknya siaga terhadap kekeringan. Status siaga pun tak dibatasi waktu.

"Selama kekeringan masih terjadi, kami terus siaga. Batas waktunya tidak ditentukan," katanya.

Siap Tanding, Ini Starting Line Up Big Match Persija Jakarta vs Persib Bandung

Pemkab Garut, lanjutnya, melalui Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) telah membentuk Tim Reaksi Cepat Siaga Kemarau (TRCSK). Tim itu juga diisi sejumlah dinas terkait yang akan membantu masalah kekeringan.

"Pusdalop (pusat pengendalian operasi) sudah di BPBD. Kalau ada yang butuh, tinggal lapor ke desa atau kecamatan saja," ucapnya.

Ini Daftar Pemain Persib yang Dibawa untuk Lawan Persija di Lanjutan Liga 1 2019

Ia menyebut, ada 10 kecamatan yang berpotensi rawan kekeringan. Di antaranya Cibatu, Leuwigoong, Cibiuk, Malangbong, Selaawi, Cilawu, Sukaresmi, Pakenjeng, Bungbulang, dan Pamulihan.

"Kalau untuk lahan pertanian, nanti ada di Dinas Pertanian. Pemerintah akan bantu benih untuk yang puso. Anggaran kekeringan ini ada dari BTT (biaya tak terduga). Masih ada Rp 2,5 miliat BTTnya," katanya.


Penulis: Firman Wijaksana
Editor: Dedy Herdiana
Sumber: Tribun Jabar
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved