Soal Audrey Yu Jia Hui yang Viral, Ternyata Mengandung Informasi Hoaks, Ini Klarifikasi Lengkapnya

Informasi mengenai seorang anak muda jenius dan berprestasi, Audrey Yu Jia Hui, viral dalam dua hari terakhir.

Soal Audrey Yu Jia Hui yang Viral, Ternyata Mengandung Informasi Hoaks, Ini Klarifikasi Lengkapnya
Kolase gambar Instagram/@jokowi dan Twitter@nithasist via Grid.ID
Kabar soal Audrey Yu Jia Hui yang Viral, Ternyata Mengandung Informasi Hoaks 

TRIBUNJABAR.ID -- Informasi mengenai seorang anak muda jenius dan berprestasi, Audrey Yu Jia Hui, viral dalam dua hari terakhir.

Salah satu informasi yang menyebar di media sosial Twitter, Minggu (7/7/2019), menyebutkan bahwa Audrey adalah anak muda Indonesia yang pernah bekerja di Badan Antariksa Amerika ( NASA).

Informasi lainnya yang beredar, Audrey disebut telah bertemu dengan Presiden RI Joko Widodo dalam Konferensi Tingkat Tinggi (KTT G20) di Jepang pada 28-29 Juni 2019 dan mendapatkan tawaran bekerja di sebuah lembaga pengembangan teknologi di Indonesia.

Twit yang menyebar soal Audrey Yu Jia Hui. Informasi yang menyebar di media sosial tak sepenuhnya benar. Ada yang hoaks, dan ada yang fakta.
Twit yang menyebar soal Audrey Yu Jia Hui. Informasi yang menyebar di media sosial tak sepenuhnya benar. Ada yang hoaks, dan ada yang fakta. (Twitter via Kompas.com)

Beragam informasi yang beredar itu, dikutip dari Kompas.com, Senin (8/7/2019), tidak sepenuhnya benar. Ada fakta, dan ada pula yang tidak benar sehingga perlu diklarifikasi.

Pihak Bentang Pustaka, penerbit yang mencetak buku karangan Audrey yang berjudul Mellow Yellow Drama dan Mencari Sila Kelima memberikan klarifikasi melalui akun Twitter Bentang Pustaka, @bentangpustaka pada Senin (8/7/2019).

Melalui twitnya, Bentang menyatakan bahwa ada informasi hoaks soal Audrey.

Kompas.com melakukan klarifikasi kepada pihak Bentang Pustaka, melalui editornya, Nurjannah Intan, Senin (8/7/2019) petang.

"Jadi kan kemarin itu sempat viral kalau Audrey keterima kerja di NASA. Saya sempat heran, karena Audrey itu kan menerbitkan dua buku di Bentang Pustaka, dan di buku tersebut ia menuliskan semacam biografi, kisah hidup dia," ujar Nurjannah yang menangani langsung proses editing buku karya Audrey.

Audrey Yu Jia Hui di The College of Willliam and Mary, Virginia, Amerika Serikat.
Audrey Yu Jia Hui di The College of Willliam and Mary, Virginia, Amerika Serikat. (Dok. Bentang Pustaka/Nurjannah Intan via Kompas.com)

"Dalam biografi, dia (Audrey) sama sekali enggak ada kerja di NASA, karena passion dia ada di bidang bahasa. Dia pernah menjadi penerjemah di PBB di China juga," ujar Nurjannah.

Selain itu, pihak Bentang Pustaka juga meminta konfirmasi dan klarifikasi kepada orangtua Audrey.

Halaman
1234
Editor: Dedy Herdiana
Sumber: Kompas
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved