Hadirnya BIJB Ternyata Belum Beri Dampak Menggairahkan bagi Pengelola Hotel di Indramayu

Hotel-hotel di Kabupaten Indramayu dipastikan masih belum terkena dampak dengan keberadaan BIJB Kertajati di Kabupaten Majalengka.

Hadirnya BIJB Ternyata Belum Beri Dampak Menggairahkan bagi Pengelola Hotel di Indramayu
tribunjabar/siti masithoh
Pesawat dari Maskapai Garuda saat hendak terbang menuju ke Lampung dan Pelembang di BIJB Kertajati Majalengka, Selasa (18/12/2018), Selasa (18/12/2018). 

Laporan Wartawan Tribuncirebon.com, Handhika Rahman

TRIBUNJABAR.ID, INDRAMAYU - Hotel-hotel di Kabupaten Indramayu dipastikan masih belum terkena dampak dengan keberadaan Bandar Udara Internasional Jawa Barat (BIJB) Kertajati di Kabupaten Majalengka.

Belum lagi, pemerintah sudah membuat kebijakan untuk mengalihkan penumpang yang semula dari Bandara Husein Sastranegara Bandung ke BIJB Majalengka.

Namun, hal tersebut tetap tidak dapat mendongkrak tingkat tamu yang berkunjung ke hotel-hotel di Indramayu.

Supervisor Marketing Hotel Prima Indramayu, Hendra Gunawan menyampaikan, walau merupakan salah satu daerah penyangga BIJB, tapi tingkat kunjungan tamu hotel sama sekali tidak ada peningkatan.

Hotel Prima Indramayu di Karanganyar, Kecamatan Indramayu, Kabupaten Indramayu, Selasa (9/7/2019).
Hotel Prima Indramayu di Karanganyar, Kecamatan Indramayu, Kabupaten Indramayu, Selasa (9/7/2019). (Tribun Jabar/Handhika Rahman)

Bahkan dalam satu bulan, tingkat kunjingan hotel sangat minim hanya

"Setahu saya daerah yang paling merasakan itu Cirebon dan Kuningan," ujar dia saat ditemui Tribuncirebon.com di Hotel Prima Indramayu, Selasa (9/7/2019).

Travel eLrika Transport Layani Penumpang Asal Kabupaten Indramayu yang Hendak ke BIJB

Disampaikan Hendra Gunawan, karena daerah tersebut memiliki akses jalan ke tengah kota yang memadai karena adanya Tol Cipali.

Dicontohkannya, pengunjung yang menuju Cirebon juga tidak kesulitan apabila hendak berwisata, seperti kuliner dan lain-lain karena untuk menuju sejumlah lokasi wisata itu hanya ditempuh dengan waktu yang sedikit.

Lain halnya dengan Exit Tol Cipali di Indramayu yang terletak di Kecamatan Cikedung, lanjut Hendra Gunawan, jarak tempuh dari Exit Tol Cikedung ke Kota Indramayu harus ditempuh dengan waktu yang cukup lama.

Berdasarkan pemantauan Tribuncirebon.com di Google maps, jarak dari Exit Tol Cikedung ke Kota Indramayu harus memakan waktu 1 jam 25 menit dengan jarak tempuh 75 kilometer.

"Dari pada ke Indramayu, pastinya pengunjung lebih memilih ke Cirebon atau ke Kuningan yang aksesnya lebih mudah untuk sampai ke tengah kota," ujar dia.

Spot Foto 3 Dimensi tentang Objek Wisata Unggulan Indramayu Diwacanakan Hadir di BIJB

Disampaikan dia, bahkan di waktu weekend atau akhir pekan kunjungan hotel di Kabupaten Indramayu tetap minim, hanya sekitar 25-30 pengunjung dalam hitungan satu bulan.

"Untungnya kami masih punya kolam renang untuk umum, hotel di Indramayu yang memiliki kolam renang hanya di Hotel Prima ramainya di kolam berenang ini," ucap dia.

Editor: Dedy Herdiana
Sumber: Tribun Jabar
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved