Antisipasi Kesehatan Selama Beribadah Haji, Anne Minta Tim Medis Jangan Hanya Menunggu yang Sakit

Selain memberikan pelayanan berupa penjemputan calon jemaah haji ke rumahnya masing-masing, Pemkab Purwakarta pun memberikan pelayanan lainnya

Antisipasi Kesehatan Selama Beribadah Haji, Anne Minta Tim Medis Jangan Hanya Menunggu yang Sakit
Tribun Jabar/Haryanto
Bupati Purwakarta, Anne Ratna Mustika saat menghadiri pelantikan pengurus PCNU Purwakarta baru di Ponpes Al Muhajirin, Desa Citapen, Sukatani, Purwakarta, Senin (8/10/2018). 

Laporan Wartawan Tribun Jabar, Haryanto

TRIBUNJABAR.ID, PURWAKARTA - Selain memberikan pelayanan berupa penjemputan calon jemaah haji ke rumahnya masing-masing, Pemkab Purwakarta pun memberikan pelayanan lainnya berupa tim medis dan obat-obatan.

Jenis Obat-obatan itu secara khusus dibawa untuk menanggulangi masalah kesehatan yang biasa dialami warga Purwakarta saat melaksanakan ibadah haji.

Selain itu, Bupati Purwakarta, Anne Ratna Mustika meminta para tim medis dari Purwakarta untuk aktif berkeliling menghampiri para jemaah haji.

"Iya, saya tugaskan untuk para petugas medis ini berkeliling secara aktif mengecek kesehatan para calon jamaah haji khususnya yang dari Purwakarta," kata Anne ditemui di Tajug Gede, Bungursari, Purwakarta disela pelepasan calon jamaah haji pada Senin (8/7/2019).

Ia menyebut bahwa setiap orang memiliki cara yang berbeda-beda untuk menunjukkan rasa sakitnya. Mulai dari yang berani mengutarakan rasa sakitnya hingga menurut Anne ada juga yang hanya berdiam diri.

401 Jemaah Haji Purwakarta Terbang Besok dari Soekarno-Hatta, yang Paling Muda Usianya 18 Tahun

Oleh karena itu, Bupati yang akrab disapa Ambu Anne itu meminta tim medis jangan hanya beraksi hanya saat datang jemaah haji yang mengeluh sakit.

"Untuk mengantisipasi hal-hal yang tidak diinginkan mengenai kesehatan, maka kami meminta tim medis untuk berkeliling, mengecek ke kamar atau kelompok-kelompok haji," ucap dia.

Bahkan, aktivitas tim medis di Purwakarta tidak hanya dimulai saat pelaksanaan ibadah haji saja  di tanah suci Mekkah atau Madinah saja.

Pemkab Purwakarta Kerahkan Ratusan Mobil Dinas untuk Jemput Calon Jamaah Haji

Ambu menyebut bahwa pengecekan kesehatan calon jemaah haji dari Purwakarta sudah dilakukan saat akan dilepas dari Purwakarta.

Di lokasi titik kumpul di Purwakarta, Tajug Gede, Anne sudah melihat sejumlah calon jemaah haji yang mengecek kondisi kesehatannya.

"Sejak saat ini sudah dilakukan pengecekan kesehatan, karena ada yang kecapean atau hipertensi agar bisa segera ditangani," ujarnya menambahkan.

Penulis: Haryanto
Editor: Dedy Herdiana
Sumber: Tribun Jabar
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved