6 Pria Narapidana yang Perilakunya Melambai di Lapas Banceuy, Disatukan dalam Satu Sel

Sejumlah lembaga pemasyarakatan (Lapas) di Kota Bandung sudah memilah penempatan narapidana untuk mengantisipasi

6 Pria Narapidana yang Perilakunya Melambai di Lapas Banceuy, Disatukan dalam Satu Sel
shutterstock
Ilustrasi gay 

‎Laporan Wartawan Tribun Jabar, Mega Nugraha Sukarna

TRIBUNJABAR.ID,BANDUNG - Sejumlah lembaga pemasyarakatan (Lapas) di Kota Bandung sudah memilah penempatan narapidana untuk mengantisipasi perilaku homoseksual di kalangan narapidana.

‎"Ada enam narapidana laki-laki yang gelagat perilakunya seperti perempuan. Mereka disatukan di kamar tahanan dan dipisahkan dengan napi lain," ujar ‎Kepala Pengamanan Lapas Banceuy Eris Ramdan ‎via ponselnya, Selasa (9/7/2019).

Seperti diketahui, Kepala Kanwil Kemenkum HAM Jabar Liberti Sitinjak mengungkap fenomena homoseksual di kalangan narapidana.

Itu imbas dari membludaknya penghuni penjara di lapas. Sebagai gambaran, ia menyebut kapasitas lapas dan rutan di Jabar hanya 15 ribu. Namun saat ini dihuni oleh 23 ribu lebih narapidana dan tahanan.

‎"Lapas dan rutan sudah over crowded. Ibarat kata, di kamar narapidana, kaki ketemu kaki, kepala ketemu kepala badan ketemu badan. ‎Dampaknya munculnya homoseksualitas (gay) dan lesbi," ujar Liberti di Arcamanik, Kota Bandung Senin (8/7/2019).

‎Eris tidak memungkiri fenomena homoseksualitas di kalangan narapidana yang sedang menjalani hukuman.

BREAKING NEWS , Korban Tersangkut di Kolong Kereta Api lalu Terlindas hingga Tewas

Hanya saja, itu sulit untuk dibuktikan, hanya saja, itu bisa dirasakan dengan pengamatan perilaku.

"Selama ini belum menemukan dan belum ada laporan seperti itu, yang aneh-aneh nggak ada. Karena yang seperti itu kan biasanya sembunyi-sembunyi, pribadi," ujar Eris.

Pemisahan yang sama juga dilakukan di Rutan Bandung atau kerap disebut Rutan Kebonwaru di Jalan Jakarta. Kepala Rutan Bandung, Hery Kusrita menerangkan, sejauh ini ia belum mendengar dan melihat perbuatan homoseks di kalangan narapidana.

"Selama ini belum ada, belum kita temukan. Tapi memang ada satu yang agak melambai gitu sudah kami pindahkan," kata Hery.

Nikmatnya Mencicipi Roti Canai Gempol dengan Berbagai Varian Kuah Kari, Yuk Cobain

Setiap narapidana baru masuk, sesuai standar, pihaknya melakukan pemeriksaan lebih dulu terhadap para napi. Dari pemeriksaan itu, diketahui banyak hal terkait pribadi narapidana, termasuk dugaan terhadap orientasi seksualnya.

"Namanya ada masa pengenalan lingkungan (mapenaling) bagi narapidana yang baru masuk. Dari sana ketahuan pribadi narapidananya dan ditindaklanjuti ke penempatannya," ujar Herry.

Penulis: Mega Nugraha
Editor: Ichsan
Sumber: Tribun Jabar
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved