1.000 Anggota Keluarga Martir Palestina Diundang Raja Salman untuk Beribadah Haji Tahun Ini

Salman bin Abdulaziz memerintahkan kerajaan untuk bersiap menerima 1.000 anggota keluarga para martir asal Palestina yang akan beribadah haji

1.000 Anggota Keluarga Martir Palestina Diundang Raja Salman untuk Beribadah Haji Tahun Ini
THE DAILY STAR
Ilustrasi: Warga Palestina berdoa di dekat masjid Al Aqsa di Yerusalem pada 22 Desember 2017. 

TRIBUNJABAR.ID, JEDDAH — Raja Arab Saudi Salman bin Abdulaziz memerintahkan kerajaan untuk bersiap menerima 1.000 anggota keluarga para martir (orang yang meninggal alam memperjuangkan kebenaran agama) asal Palestina yang akan menjadi jemaah tamu dalam musim haji tahun ini.

Para keluarga martir Palestina itu akan menjadi bagian dari Program Tamu Haji dan Umrah Penjaga Dua Masjid Suci yang menerima undangan langsung dari Raja Salman.

Program tamu haji itu dilaksanakan setiap tahun dan diawasi langsung oleh Kementerian Urusan Islam, Dakwah, dan Bimbingan Arab Saudi.

Menteri Urusan Islam, Dakwah, dan Bimbingan Syekh Abdullatif Al-Sheikh, yang juga bertindak sebagai Pengawas Program Umum, dikutip dari Kompas.com, Selasa (9/7/2019), menyampaikan apresiasinya kepada Raja Salman atas kedermawanannya terhadap negara dan rakyat Palestina.

"Kami berterima kasih atas sikap dermawan dari Raja Salman terhadap negara Paletina dan saudara-saudaranya dari negara itu," kata pihak kementerian dikutip Badan Pers Saudi (SPA) dalam laporannya, Minggu (7/7/2019), dikutip Arab News.

Tak Bisa Jalan dan Harus Pakai Kursi Roda, Nenek Sopingah Asal Ciamis Gembira, Akhirnya Naik Haji

Al-Sheikh menambahkan, kementeriannya akan bekerja dengan cepat untuk melaksanakan perintah raja dan segera menindaklanjuti proses perjalanan bagi para jemaah haji asal Palestina itu melalui kedutaan besarnya di Mesir dan Jordania.

Pihak kementerian juga akan segera merampungkan semua prosedur yang diperlukan untuk perjalanan para tamu undangan raja ke kerajaan menggunakan penerbangan pribadi serta menawarkan layanan untuk membantu mereka melakukan ibadah haji.

Ka’bah di Mekkah, Arab Saudi.
Ka’bah di Mekkah, Arab Saudi. (Wikimapia.org)

Menurut instruksi kerajaan, total jumlah jemaah dari anggota keluarga martir Palestina yang diundang melalui program tersebut mencapai 17.000 jemaah.

Sementara dilansir The Jerusalem Post, komite khusus akan memilih anggota keluarga martir yang akan diberangkatkan untuk perjalanan haji ke Arab Saudi tahun ini.

Tukang Rujak Naik Haji, Cerita Haru Nabung Rp 5000 per Hari, Seperti Mimpi Namanya Dipanggil

Jumlah 1.000 anggota keluarga martir tersebut akan dibagi dua masing-masing 500 jemaah dari keluarga martir di Tepi Barat dan 500 dari keluarga martir di Jalur Gaza.

Raja Arab Saudi, Salman bin Abdul Aziz
Raja Arab Saudi, Salman bin Abdul Aziz (BANDAR AL-JALOUD / Saudi Royal Palace / AFP)

Perdana Menteri Otoritas Palestina Mohammed Shtayyeh menyampaikan terima kasih kepada Raja Salman atas keputusannya mengundang 1.000 jemaah haji dari keluarga martir Palestina tahun ini.

"Keputusan Raja Saudi adalah pesan Arab dan Islam kepada kami dalam menghadapi tindakan Israel yang membajak tunjangan yang dibayarkan kepada keluarga para martir dan tahanan," ujar Shtayyeh di Ramallah, Senin (8/7/2019).

Artikel ini telah tayang di Kompas.com dengan judul "Raja Salman Undang 1.000 Anggota Keluarga Martir Palestina untuk Haji Tahun Ini"

Editor: Dedy Herdiana
Sumber: Kompas
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved