Ibadah Haji

Tak Bisa Jalan dan Harus Pakai Kursi Roda, Nenek Sopingah Asal Ciamis Gembira, Akhirnya Naik Haji

Calon haji, Sopingah (65), warga Dusun Nambo, Desa Cintajaya Lakbok, Kabupaten Ciamis, terharu bisa menunaikan ibadah Haji tahun ini.

Tak Bisa Jalan dan Harus Pakai Kursi Roda, Nenek Sopingah Asal Ciamis Gembira, Akhirnya Naik Haji
Tribun Jabar/Andri M Dani
ISAK TANGIS – Pelepasan pemberangkatan calon haji Kloter 08 JKS asal Ciamis di Gedung Dakwah Islamic Center Ciamis diwarnai isak tangis keluarga yang mengantar, Minggu (7/7/2019) siang 

TRIBUNJABAR.ID, CIAMIS - Calon haji, Sopingah (65), warga Dusun Nambo, Desa Cintajaya Lakbok, Kabupaten Ciamis, terharu bisa menunaikan ibadah Haji tahun ini.

Kendati harus menggunakan kursi roda, Sopingah tetap bersyukur. Sopingah berangkat ibadah Haji bersama suaminya, Dulah Sidik (73).

“Kami sudah tujuh tahun menunggu untuk berangkat. Alhamdulillah hari ini bisa berangkat meski Emak harus pakai kursi roda,” tutur Sopingah, yang diantar oleh anak dan menantunya saat keberangkatan di Gedung Dakwah Islamic Center, Ciamis, Minggu (7/7/2019).

Saat akan masuk ke bus nomor urut 07, Sopingah dibopong petugas kepolisian dan petugas kesehatan. Sopingah harus memakai kursi roda karena setahun lalu terjatuh. Kondisi kakinya sampai saat ini belum normal sehingga dia sulit untuk berjalan.

Sopingah bersama suaminya berangkat bersama kloter 08 JKS asal Ciamis.

Tukang Rujak Naik Haji, Cerita Haru Nabung Rp 5000 per Hari, Seperti Mimpi Namanya Dipanggil

Kloter 08 JKS ini dilepas keberangkatannya dari Gedung Dakwah Islamic Center Ciamis oleh Bupati Ciamis Dr H Herdiat Sunarya MM, Minggu (7/7) sekitar pukul 12.30.

Kloter 08 JKS asal Ciamis ini terdiri dari 402 orang serta 6 petugas pendamping. Salah seorang calon haji Kloter 08 JKS asal Ciamis tersebut adalah Kajari Ciamis Sri Respatini SH.

Kloter ini harusnya memberangkatkan 404 calon haji, tapi dua orang batal berangkat karena sakit, yakni Nandang Damhuri Syukur (56) asal Banjarsari dari KBIH Al Islam dan Aris (50) dari KBIH Al Hasan Ciamis. Nandang sedang dirawat di Ruang ICU RSU Banjar dan Aris juga sakit.

Wakil Gubernur Jawa Barat Uu Ruzhanul Ulum melepas keberangkatan 404 calon haji asal Kabupaten Bogor di embarkasi haji Jakarta-Bekasi, Minggu (7/7/2019).
Wakil Gubernur Jawa Barat Uu Ruzhanul Ulum melepas keberangkatan 404 calon haji asal Kabupaten Bogor di embarkasi haji Jakarta-Bekasi, Minggu (7/7/2019). (Istimewa)

“Jadi yang berangkat hari ini hanya 402 orang tambah 6 orang petugas,” ujar Kasi Penyelenggaraan Haji dan Umrah Kantor Kemenag Ciamis H Asep Lukman Hakim kepada Tribun, kemarin.

Nandang pada musim haji tahun 2018, kata Asep, juga batal berangkat ke Tanah Suci karena sakit.

Perjuangan Janda Anak Satu Demi Berangkat Naik Haji, Makan Nasi Aking Pemberian Tetangga

Halaman
123
Penulis: Andri M Dani
Editor: Kisdiantoro
Sumber: Tribun Jabar
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved