Inspiratif dan Unik, 3 Mahasiswa Ini Ciptakan Bahan Tambal Gigi Terbuat dari Cangkang Telur

Ketiga mahasiswa Prodi Kimia Fakultas Matematika Ilmu Pengetahuan Alam Universitas Padjadjaran (Unpad) Bandung berhasil meneliti metode sintesis kompo

Inspiratif dan Unik, 3 Mahasiswa Ini Ciptakan Bahan Tambal Gigi Terbuat dari Cangkang Telur
ISTIMEWA
Ketiga mahasiswa Prodi Kimia Fakultas Matematika Ilmu Pengetahuan Alam Universitas Padjadjaran (Unpad) Bandung berhasil meneliti metode sintesis komposit dari limbah cangkang telur. Mereka adalah Geofanny Sarah Hutabarat, Dzikri Tafwadi Qodir, dan Hendri Setiawan, 

Laporan Wartawan Tribun Jabar, Syarif Pulloh Anwari

TRIBUNJABAR.ID, BANDUNG - Ketiga mahasiswa Prodi Kimia Fakultas Matematika Ilmu Pengetahuan Alam Universitas Padjadjaran (Unpad) Bandung berhasil meneliti metode sintesis komposit dari limbah cangkang telur.

Mereka adalah Geofanny Sarah Hutabarat, Dzikri Tafwadi Qodir, dan Hendri Setiawan, dengan dosen pembimbing Dr. Atiek Rostika Noviyanti, M.Si.

Cangkang telur ayam yang mirip dengan tulang dan gigi memiliki kandungan komposisi senyawa menjadikan senyawa komposit yang terbentuk dapat dimanfaatkan sebagai graft tulang dan tambal gigi.

Dengan demikian, limbah cangkang telur memiliki peluang untuk dikembangkan pada bidang biomedis.

Geofanny Sarah Hutabarat bersama tim Program Kreativitas Mahasiswa Penelitian Eksakta (PKM-PE) terdorong meneliti metode hidrotermal yang dapat digunakan untuk sintesis karena kesederahanaan prosedur dan hasil yang berkualitas tinggi.

30 Mahasiswa dari Asia Tenggara Keliling Bandung dan Saling Promosi Budaya Gunakan Bahasa Jerman

"Komposit ini adalah senyawa hidroksiapatit senyawa ini memiliki sifat kimia dan komposisi serupa dengan penyusun tulang dan gigi, tapi tidak bisa langsung digunakan tapi harus dilakukan proses komposit. Proses sintesis mendapatkan senyawa hidroksiapatit ini bisa menggunakan bahan baku yang mengandung mineral, kami berpikir bahan mineral itu banyak sumbernya, bisa dari kerang dan cangkang telur," ujar Sarah kepada Tribun Jabar melalui sambungan telepon, Senin (8/7/2019).

Sarah mengaku kandungan komposisi senyawa cangkang telur ayam yang mirip dengan tulang dan gigi memiliki kandungan mineral sangat tinggi.

Sehingga hal ini dapat menjadi peluang untuk pengembangan pada bidang biomedis.

"Kami mau menyederhanakan sebuah pekerjaan dengan hasil jauh lebih baik dari prosedur biasanya, ternyata pas diketahui hasilnya, kemurnian dan perolehannya diatas 90 persen, padahal untuk metode sebelumnya, belum ada yang mencapai 90 persen," ujarnya.

Halaman
12
Penulis: Syarif Pulloh Anwari
Editor: Theofilus Richard
Sumber: Tribun Jabar
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved