Ide Bank Syariah Muncul Tahun 1980 yang Pertama Beroperasi 12 Tahun Kemudian

Banyak argumen tentang pengertian lembaga perbankan syariah. Idenya muncul tahun 1980 dan bank syariah pertama beroperasi 12 tahun kemudian.

Ide Bank Syariah Muncul Tahun 1980 yang Pertama Beroperasi 12 Tahun Kemudian
DOKUMENTASI TRIBUN MEDAN
illustrasi.

BANYAK argumen tentang pengertian lembaga perbankan syariah. Semua pendapat tidak ada yang salah, hanya saja memiliki perbedaan pandangan dan pengertian kalimat. Secara umum, lembaga perbankan syariah adalah lembaga keuangan yang menjalankan kegiatan usahanya berdasarkan prinsip-prinsip syariah Islam.

Sebelumnya masyarakat Indonesia hanya mengenal satu jenis bank saja, yaitu bank konvensional. Di mana bank tersebut memiliki prinsip bebas nilai dan memiliki perhitungan keuntungan berupa sistem bunga dengan besaran bunga yang tetap. Hingga akhirnya pada tahun 1980 munculah inisiatif mendirikan bank Islam untuk mendorong ekonomi Islam di Indonesia.

Bank yang berlandaskan prinsip syariah pertama di Indonesia tersebut berdiri pada tanggal 1 November 1991. Meskipun didirikan pada tahun 1991, namun PT Bank Muamalat Indonesia baru resmi beroperasi sejak tanggal 1 Mei 1992.

Mengapa demikian? Hal itu dikarenakan pada setiap regulasi baru, diperlukan adanya penyesuaian terhadap seluruh lapisan masyarakat dan untuk mewujudkannya secara cepat dan praktis adalah hal yang tidak mudah dilakukan.

Dari zaman ke zaman, terlihat perkembangan perbankan syariah yang semakin maju dan eksistensinya tidak kalah dengan bank konvensional. Oleh karena itu, diperlukan adanya pengaturan terhadap perbankan syariah.

Pengaturan ini bukan hanya semata-mata sebagai bentuk formalitas dari pelaksanaan perintah negara, tetapi demi menjaga keberlangsungan perbankan syariah. Selain itu, pengaturan ini juga dapat bermanfaat bagi masyarakat.

Contohnya adalah dengan adanya aturan yang berlaku tentang perbankan syariah maka keamanan, kepercayaan serta kepastian hukum masyarkat jauh lebih terjamin.

Pasal 1 Undang–Undang No. 21 Tahun 2008 tentang Perbankan Syariah, menyatakan bahwa: “Perbankan Syariah adalah segala sesuatu yang menyangkut tentang Bank Syariah dan Unit Usaha Syariah, mencakup kelembagaan, kegiatan usaha, serta cara dan proses dalam melaksanakan kegiatan usahanya“.

Undang-Undang No. 21 Tahun 2008 menjelaskan bank syariah adalah bank yang menjalankan kegiatan usahanya berdasarkan prinsip syariah dan menurut jenisnya terdiri atas bank umum syariah dan bank pembiayaan Syariah.

Berdasarkan hal tersebut, dapat dikatakan bahwa dalam menjalankan kegiatan usahanya, bank syariah wajib melaksanakannya dengan berlandaskan prinsip syariah yang sudah menjadi ciri khas perbankan syariah itu sendiri.

Halaman
123
Editor: taufik ismail
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved