Biaya Sekolah Warga Miskin Dijamin Pemkot Bandung Meski di Sekolah Swasta

Dalam Penerimaan Peserta Didik Baru ( PPDB ) Kota Bandung tahun 2019, lulusan Sekolah Dasar hanya tertampung 50 persen di SMPN Negeri.

Biaya Sekolah Warga Miskin Dijamin Pemkot Bandung Meski di Sekolah Swasta
TRIBUN JABAR/GANI KURNIAWAN
DATANGI GEDUNG DEWAN - Orang tua siswa mengerubuti Ketua Komisi D Ahmad Nugraha dan Sekretaris Dinas Pendidikan Kota Bandung Mia Rumiasari seusai digelar audiensi di Ruang Paripurna Gedung DPRD Kota Bandung, Jalan Sukabumi, Kota Bandung, Senin (27/6/2016). Ratusan orang tua siswa mendatangi Gedung DPRD Kota Bandung untuk mengadukan nasib anaknya yang tidak masuk sekolah negeri lewat jalur non akademis. 

Laporan Wartawan Tribun Jabar, Tiah SM

TRIBUNJABAR.ID, BANDUNG- Dalam Penerimaan Peserta Didik Baru ( PPDB ) Kota Bandung tahun 2019, lulusan Sekolah Dasar hanya tertampung 50 persen di SMPN Negeri.

"Daya tampung SMP Negeri Kota Bandung hanya 16.000 sedangkan lulusan SDN mencapai 38. 341 sehingga sisanya harus masuk swasta," ujar Kepala Dinas Pendidikan Kota Bandung Hikmat Ginanjar di Balai Kota Senin (8/7/2019).

Menurut Hikmat, daya tampung SMP Negeri di Kota Bandung masih kurang dibandingkan lulus SDN yang cukup banyak.

Upaya dari Pemkot Bandung untuk menampung lulusan SD masuk SMP Negeri adalah menambah lima SMPN rintisan pada 2018 dan dua sekolah lagi pada 2019.

"Tujuh sekolah rintisan memanfaatkan bangunan sekolah dasar dengan masing-masing daya tampung tiap sekolah dua rombongan belajar.

"Walau sudah ditambah tujuh sekolah rintisan, tetap tidak mampu menampung lulusa. SDN yang jumlahnya mencapai 38.000 siswa," ujar Hikmat.

Hikmat menyarankan, bagi yang tidak masuk di sekolah negeri agar masuk sekolah swasta karena kualitas sekolah sama.

Anaknya Tak Masuk SMPN 1 Cimahi Terganjal Zonasi, Orangtua Protes, 114 Siswa Tereliminasi

Zonasi Bikin Sekolah Swasta Makin Tergerus

Bahkan tidak perlu khawatir bagi siswa dari keluarga tidak mampu untuk masuk sekolah swasta. Keperluan sekolahnya akan ditanggung.

"APBD sudah mengalokasikan dana untuk membiayai siswa pra sejahtera tingkat SD dan SMP," ujar Hikmat.

Halaman
12
Penulis: Tiah SM
Editor: Tarsisius Sutomonaio
Sumber: Tribun Jabar
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved