Suasana Haru Pemberangkatan Calon Jemaah Haji Kloter Pertama Asal Kota Bandung Menuju Embarkasi Haji

Suasana haru dan lambaian tangan dari kejauhan pun tampak menghiasi pihak keluarga serta sanak saudara yang melepas kepergian para calon jemaah haji.

Suasana Haru Pemberangkatan Calon Jemaah Haji Kloter Pertama Asal Kota Bandung Menuju Embarkasi Haji
istimewa
Kepala Kantor Kemenag Kota Bandung, Yusuf melepas keberangkatan 11 bus yang mengangkut 404 calon jamaah haji dari Mapolda Jabar menuju emberkasi haji di Bekasi, Minggu (7/7/2019) 

Laporan Wartawan Tribun Jabar, Cipta Permana

TRIBUNJABAR.ID, BANDUNG - Sebanyak 404 calon jemaah haji reguler, kloter pertama asal Kota Bandung, mulai diberangkatkan menggunakan 11 bus dari Mapolda Jawa Barat menuju kantor emberkasi di Bekasi mulai hari ini (7/7/2019) pukul 08.55 WIB.

Para jemaah kemudian akan melanjutkan perjalanannya menuju Madinah, keesokan harinya pada pukul 15.25 WIB melalui maskapai penerbangan Garuda Indonesia dan Saudi Arabian Airlanes dari Bandara Internasional Soekarno-Hatta Cengkareng menuju Madinah.

Suasana haru dan lambaian tangan dari kejauhan pun tampak menghiasi pihak keluarga serta sanak saudara yang melepas kepergian para calon tamu Allah tersebut, untuk menunaikan rukun Islamnya yang kelima.

Kepala Kantor Kemenag Kota Bandung, Yusuf mengatakan, pada tahun ini capaian jumlah jemaah calon haji asal Kota Bandung atau Provinsi Jawa Barat enam, sebesar 2.650 orang.

Dihantui Arwah Korbannya, Pelaku Pembunuhan Ini Menyerahkan Diri ke Polisi Setelah 5 Hari Kabur

Para jemaah terbagi dalam 11 kloter dan dua gelombang keberangkatan.

Jumlah ini, menurutnya mengalami peningkat bila dibandingkan dengan capaian tahun sebelumnya yaitu, 2464 jemaah, seiring dengan ditambahkannya kuota jemaah haji asal Indonesia sebesar 10 ribu oleh pihak kerajaan Arab Saudi.

"Para jemaah calon haji yang terdaftar dari Kota Bandung dan mendapat nomor urut untuk keberangkatan gelombang pertama, sebanyak 1.338 orang untuk empat kloter. Mereka akan berangkat menggunakan total 36 bus pada Minggu (7/7/2019), Sabtu (13/7/2019), dan Selasa (16/7/2019) bersama sejunlah pembimbing," ujarnya saat dihubungi melalui sambungan telepon, Minggu (7/7/2019).

Sedangkan untuk gelombang kedua, lanjutnya sebanyak 1.267 jemaah dari tujuh kloter haji lainnya akan berangkat menggunakan 34 bus pada tanggal 24, 25, 29, 31 Juli serta tanggal 2 dan 4 Agustus nanti.

Yusuf menuturkan, sebelum diberangkatkan menuju Tanah Suci, seluruh jemaah akan mendapatkan sejumlah pemeriksaan kesehatan dan vaksinasi guna memastikan resiko gangguan kesehatan selama menunaikan ibadah haji.

Warga Rancaekek Khawatir Air Sumur yang Berubah Warna Jadi Hitam dan Berbau Membawa Wabah Penyakit

Selain itu, di asrama haji mereka pun melakukan pengecekan kelengkapan identitas, seperti paspor hingga barang bawaan lainnya.

"Kami sudah mempersiapkan seluruh fasilitas kebutuhan dari para jemaah selama di asrama haji. Karena hanya menunggu selama 24 jam saja, maka calon haji kami sediakan makan tiga kali sehari dan dua kali snack, sebelum akhirnya berangkat ke tanah suci," ucapnya.

Berdasarkan informasi yang dihimpun Tribun Jabar, jumlah kloter haji di Jawa Barat pada 2019 ini sebanyak 97 kloter, dengan jumlah total calon haji sekitar 39.770 jemaah.

Usai Kalah Telak dari Persebaya, Persib Kembali Latihan Persiapan Lawan Persija

30 Mahasiswa dari Asia Tenggara Keliling Bandung dan Saling Promosi Budaya Gunakan Bahasa Jerman

Penulis: Cipta Permana
Editor: Seli Andina Miranti
Sumber: Tribun Jabar
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved