Kloter Pertama Calon Haji Kabupaten Garut Berangkat Selasa

Sebanyak 1.930 calon jemaah haji asal Kabupaten Garut akan mulai berangkat ke Tanah Suci pada Selasa (9/7).

Kloter Pertama Calon Haji Kabupaten Garut Berangkat Selasa
Associated Press/Mosa'ab Elshamy
Ilustrasi: Jemaah haji mengeliling Ka’bah di Mekkah, Saudi Arabia. 

Laporan Wartawan Tribun Jabar, Firman Wijaksana

TRIBUNJABAR.ID, GARUT - Sebanyak 1.930 calon jemaah haji asal Kabupaten Garut akan mulai berangkat ke Tanah Suci pada Selasa (9/7). Pada musim haji tahun ini, Garut mendapat tambahan kuota calon haji.

Wakil Bupati Garut, Helmi Budiman menyebut, pada 2018 calon jemaah yang berangkat menjalankan ibadah haji sebanyak 1.911. Namun di tahun ini terdapat penambahan kuota yang tentu sangat membantu.

"Memang hanya 19 orang tambahannya. Tapi akan sangat membantu mengurangi antrean di tahun berikutnya. Semoga tahun depan juga bisa bertambah," ujar Helmi, Minggu (7/7/2019).

Kloter pertama calon jemaah haji asal Garut akan berangkat pada 9 Juli. Pemkab pun telah memberikan pendampingan kesehatan bagi para jemaah. Terutama jemaah yang sudah masuk lansia.

"Ada 15 pendamping haji termasuk tenaga kesehatan yang akan membantu ibadah di sana. Jadi totalnya ada 1.945 orang yang berangkat," katanya.

Kloter 1 Calon Haji Jabar Telah Berangkat dari Bandara Soekarno Hatta, Wagub Jabar Serahkan Bendera

Helmi menyebut, sekitar 40 persen calon jemaah didominasi lansia. Sebelum pemberangkatan, kesehatan setiap calon jemaah telah diperiksa.

"Calon jemaah juga diingatkan untuk membawa obat-obatan. Selain itu juga jangan membawa perbekalan berlebih. Apalagi melebihi kapasitas untuk dibawa ke pesawat," ucapnya.

402 Calon Haji Kabupaten Cirebon Diberangkatkan ke Embarkasi, Ada yang Belum Lengkap Persyaratannya

Para calon jemaah haji akan berangkat dari Gedung Pendopo, Garut. Kloter terakhir akan diberangkatkan pada 30 Juli. Pemerintah sudah menyiapkan berbagai kebutuhan calon jemaah untuk kelancaran beribadah.

"Untuk kloter dua nanti berangkat tanggal 14, kloter tiga pada 21 Juli, kloter empat 22 Juli, dan terakhir pada 30 Juli. Kami juga minta doa semua masyarakat untuk kelancaran ibadah calon jemaah haji," ujarnya. (firman wijaksana)

Penulis: Firman Wijaksana
Editor: Dedy Herdiana
Sumber: Tribun Jabar
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved