Ada Trayek Angkot Baru di Cimahi, Catat Rute dan Tarifnya!

"Maka terkait tarif itu sudah ditetapkan dan sudah disepakati. Untuk Tarif Citeureup - Terminal Cimindi via Pemkot Cimahi sebesar Rp 4.000 per penumpa

Tribun Jabar/Hilman Kamaludin
Angkot di Terminal Cimindi. 

Laporan Wartawan Tribun Jabar, Hilman Kamaludin

TRIBUNJABAR.ID, CIMAHI - Dinas Perhubungan (Dishub) Kota Cimahi sudah menetapkan tarif sementara dan rute untuk melakukan uji coba trayek baru di wilayah yang belum terlintasi transportasi umum khususnya angkot.

Uji coba tersebut akan dilaksanakan selama lima hari mulai 22 hingga 26 Juli 2019 mendatang dengan melibatkan dinas terkait, Organda, Kelompok Kerja Unit (KKU) dan Satuan Lalu lintas Polres Cimahi untuk mengatur lalu lintas.

Kepala Seksi Angkutan Dinas Perhubungan Kota Cimahi, Ranto Sitanggang, mengatakan dalam mentapkan rute dan tarif sementara itu pihaknya sudah melakukan rapat konsolidasi dengan semua stakeholder terkait.

"Terkait rute sesuai rencana awal dan tarif sudah disepakati dan dituangkan dalam berita acara saat rapat konsolidasi dengan stakeholder terkait," ujarnya saat dihubungi Tribun Jabar melalui sambungan telepon, Minggu (7/7/2019).

Wali Kota Cimahi Kunjungi Anak yang Tubuhnya Kering Kerontang Setelah Operasi Usus Buntu

Untuk tarif, kata dia, ditetapkan berdasarkan hasil penghitungan Biaya Operasional Kendaraan (BOK) yang memperhitungkan setiap komponen kendaraan termasuk biaya operasional dan pendapatan supir.

"Maka terkait tarif itu sudah ditetapkan dan sudah disepakati. Untuk Tarif Citeureup - Terminal Cimindi via Pemkot Cimahi sebesar Rp 4.000 per penumpang," katanya.

Terkait kelaikan ruas jalan dalam uji coba ini, Ranto mengatakan, pihaknya sudah berkoordinasi dengan Dinas PUPR Kota Cimahi dan untuk rambu lalu lintas hingga Penerangan Jalan Umum (PJU) juga sudah disiapkan.

"Kami juga koordinasi dengan Dinas Pendidikan karena dalam uji coba ini ada sarana pendidikan yang akan dilewati angkot dan Lurah juga akan kami libatkan," ucapnya.

Ia mengatakan, saat uji coba nanti, pihaknya akan menurunkan 15 unit angkot dari trayek lokal yang ada di Kota Cimahi yakni trayek Cimindi-Pasar Antri, Cibeber-Pasar Antri via Contong, dan Cibeber-Pasar Antri via Leuwigajah dengan mengambil masing-masing 5 unit angkot.

"Dengan adanya trayek baru, tidak ada penambahan jumlah angkot, jadi jumlah angkot yang ada di Kota Cimahi dengan tiga trayek yang eksisting jumlahnya 403, tapi meski ada tambahan trayek jumlahnya tetap sama," kata Ranto.

Dalam uji coba tersebut, angkot akan melintasi trayek Citeureup-Cimindi, melintasi Pasar Citeureup (Pasar Kuda), masuk lewat Jalan Kamarung, Jalan Permana, Jalan Sukarasa, Jalan Ciawitali, Jalan Demang Hardjakusumah, Jalan Jati Serut, Jalan Pesantren, Jalan Amir Mahmud dan masuk ke Terminal Cimindi.

Wali Kota Cimahi Jenguk Rifki, Bocah yang Menderita Penyakit Misterius, Upayakan Penanganan Cepat

Dishub Majalengka Raih Akreditasi B, Begini Latar Belakang Keberhasilannya

Penulis: Hilman Kamaludin
Editor: Theofilus Richard
Sumber: Tribun Jabar
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved