VIDEO Cerita Baboon Penunggang Pesawat F-5 Tiger, TNI AU Menang Latihan Melawan Amerika Serikat

Baboon menjadi salah satu nama yang tercantum dalam prasasti dari total 104 penerbang pesawat yang dijuluki "Sang Macan".

Pesawat tempur milik TNI Angkatan Udara jenis F-5 Tiger yang sudah menjadi monumen Taman Lalu Lintas Ade Irma tidak bisa dilupakan oleh para penerbangnya.

Salah satu pilot bernama Muhammad Nasrun Natsir atau nama panggilan Baboon.

Baboon menjadi salah satu nama yang tercantum dalam prasasti dari total 104 penerbang pesawat yang dijuluki "Sang Macan".

Pesawat Sang Macan yang didatangkan dari negera Amerika Serikat pada tahun 1980 ini menjadi Alat utama sistem persenjataan (alutsista) untuk sejumlah operasi dan latihan TNI Angkatan Udara.

Baboon mengaku menunggangi pesawat tempur tersebut sudah tujuh tahun lamanya dan memiliki segudang pengalaman, satu diantaranya saat latihan gabungan bersama tentara Angkatan Laut Amerika Serikat.

Baboon menceritakan saat duel menguji pesawat F-5 Tiger itu melawan tentara Amerika Serikat, tentara Angkatan Udara Indonesia selalu menang, dan mereka heran padahal pesawat tersebut dibuat dinegaranya.

"Dulu pernah latihan bersama dengan angkatan laut Amerika Serikat di Selat Malaka kita bertempur 2 lawan 2, kita menang dan mereka heran," ujar Baboon saat ditemui Tribun Jabar diperesmian Monumen Pesawat F-5 Tiger di Taman Lalu Lintas, Kota Bandung, Jumat (5/7/2019).

Lebih jauh lagi, ia mengungkapkan sebuah peristiwa yang tidak pernah dilupakannya sampai kapan pun. 

Pesawat yang dikhususkan sebagai pesawat defender atau sebagai pesawat interceptor atau pemburu ini memiliki ban yang sangat kecil, mungkin saat turun atau landing di railway susah dikendalikan keadaan hujan.

"disana wilayahnya sering hujan, enggak bisa pulang, hujan deras tapi harus landing (turun) terus view atau pandanganya terbatas, harus landing saya paksain, saya waktu itu leader dibelakang saya gak lihat radio juga, meluncur terus bannya pecah, saya puterin pesawatnya jadi mundur pas ketemu sama pesawat lain sudah berhadapan gini," ungkapnya sambil mengenang masa lalunya.

Halaman
12
Penulis: Syarif Pulloh Anwari
Editor: yudix
Sumber: Tribun Jabar
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved