KPPD DKI Jakarta Siap Fasilitasi Mahasiswa Ikopin yang Ingin Praktik di Lapangan

KPPD DKI Jakarta, mengaku, siap mewadahi keinginan menjadikan koperasi pemerintah daerah sebagai tempat untuk praktik lapangan mahasiswa Ikopin.

KPPD DKI Jakarta Siap Fasilitasi Mahasiswa Ikopin yang Ingin Praktik di Lapangan
Tribun Jabar/Hakim Baihaqi
Institut Manajemen Koperasi Indonesia ( Ikopin) menjalin kerja sama dengan Koperasi Pegawai Pemerintah Daerah (KPPD) Provinsi Daerah Khusus Ibukota (DKI) Jakarta, terkait peningkatan sumber daya manusia (SDM). 

Laporan wartawan Tribun Jabar, Hakim Baihaqi

TRIBUNJABAR.ID, SUMEDANG - Koperasi Pegawai Pemerintah Daerah (KPPD) Provinsi Daerah Khusus Ibukota (DKI) Jakarta, mengaku, siap mewadahi keinginan menjadikan koperasi pemerintah daerah sebagai tempat untuk praktik lapangan mahasiswa Ikopin.

Ketua Umum Pengurus KPPD, Hasanuddin, mengatakan, KPPD telah bekerjasama dengan Ikopin dalam hal peningkatan upaya peningkatan SDM, sehingga bagi mahasiswa tingkat S1 atau S2 yang membutuhkan tempat praktik, pihaknya akan siap untuk memfasilitasi.

"KPPD menjadi kampus untuk praktik bagi mahasiswa Ikopin. Koperasi birokrasi ini memiliki SHU sebanyak 25 milyar, sehingga harus dikelola oleh SDM yang baik," kata Hasanuddin saat ditemui di Kampus Ikopin Jatinangor, Kabupaten Sumedang, Jumat (5/7/2019).

Ia menambahkan, bila mahasiswa berkeinginan melakukan praktik lapangan di luar KPPD, pihaknya pun siap mengarahkan ke sejumlah koperasi berkualitas di DKI Jakarta.

Tingkatkan SDM Koperasi, Ikopin Kerja Sama dengan KPPD DKI Jakarta

Beberapa koperasi berkualitas yang ada di Jakarta di antaranya, Koperasi Kemenkumham, Koperasi Istana, Koperasi KLHK, Koperasi Kementerian Perdagangan, Koperasi Kementerian Sosial, dan Koperasi DPR RI.

"Kami salurkan untuk praktik ke dunia koperasi, kalau di perguruan tinggi ini hanya teori. Tujuannya supaya selaras dan berkualitas, karena kita punya forum koperasi indonesia," katanya.

Burhanuddin mengatakan, ini adalah pertama kalinya Ikopin melakukan kerjasama dengan lembaga atau gerakan koperasi, sebelumnya hanya bekerjasama dengan lembaga pemerintah daerah atau bank swasta.

"Masing-masing sibuk sendiri, baru kali ini terlaksana dan baru hari pula ini muncul kesadaran. Ikopin harus bergerak bersama koperasi," kata Burhanuddin di Kampus Ikopin, Jumat (5/7/2019).

Dinas Koperasi dan UMKM Kota Bandung Siap Luncurkan Nectico guna Memudahkan Anggota Koperasi

Setelah penandatanganan kerjasama ini, terutama mahasiswa Ikopin akan diarahkan untuk melakukan praktik di lapangan dengan koperasi pegawai pemerintahan daerah di Jakarta dan daerah lainnya.

Burhanuddin mengatakan, Ikopin sebagai lembaga pendidikan ditugaskan mencetak kader koperasi, karena sebagian besar anak generasi muda di Ikopin punya potensi menjadi kreator atau inovator untuk usaha koperasi masa depan.

"Saat ini terjadi koperasi yang kapitalistik dan menciptakan kesenjangan besar, itulah yang membuat ekonomi tidak stabil," katanya.

Penulis: Hakim Baihaqi
Editor: Dedy Herdiana
Sumber: Tribun Jabar
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved