Kloter Pertama Calon Jemaah Haji Kota Bandung Berangkat Besok ke Embarkasi, Ini yang Harus Disiapkan

Calon jemaah haji Kota Bandung kloter pertama Kota Bandung akan diberangkatkan besok, Sabtu (6/7/2019), dari halaman Mapolda Jawa Barat.

Kloter Pertama Calon Jemaah Haji Kota Bandung Berangkat Besok ke Embarkasi, Ini yang Harus Disiapkan
Dok. Tribun Jabar
Ilustrasi: Kabah di Mekkah, Saudi Arabia, Kamis (20/12/2018). 

Laporan Wartawan Tribun Jabar, Hilda Rubiah

TRIBUNJABAR.ID, BANDUNG - Calon jemaah haji Kota Bandung kloter pertama Kota Bandung akan diberangkatkan besok, Sabtu (6/7/2019), dari halaman Mapolda Jawa Barat.

Sekira pukul 8.00 WIB pagi, calon jemaah haji kloter pertama itu akan berkumpul terlebih dahulu di halaman Mapolda Jawa Barat untuk diberangkatkan menuju embarkasi di Bekasi.

Kloter pertama Kota Bandung itu merupakan calon jemaah haji kloter ke-6 di Jawa Barat.

Kepala Seksi Penyelenggaraan Haji dan Umrah Kemenag Kota Bandung, Khotimul Manan, mengatakan setelah calon jemaah haji di embarkasi masih ada serangkaian persiapan yang harus dilakukan.

"Saat di embarkasi sebelum melakukan pemberangkatan ke Bandara, calon jemaah haji dites akhir kesehatan terlebih dahulu," papar Kepala Seksi Penyelenggaraan Haji dan Umrah Kemenag Kota Bandung, Khotimul Manan, kepada Tribun Jabar, saat ditemui di kantornya, Jumat (5/7/2019).

Kepala Seksi Penyelenggaraan Haji dan Umrah Kemenag Kota Bandung, Khotimul Manan, saat ditemui Tribun Jabar, Jumat (5/7/2019)
Kepala Seksi Penyelenggaraan Haji dan Umrah Kemenag Kota Bandung, Khotimul Manan, saat ditemui Tribun Jabar, Jumat (5/7/2019) (Tribun Jabar/Hilda Rubiah)

Selain itu, dikatakan Khotimul Manan, calon jemaah haji juga akan diberikan living kost 1500 riyal per masing-masing jemaah, kemudian diberikan gelang identitas, passpor, dan pelayanan lainnya.

Tahun Ini, Calon Jemaah Haji dari Bandung yang Diberangkatkan ke Tanah Suci Mencapai 2.478 Orang

Khotimul Manan, menjelaskan pada penyelenggaraan haji setiap tahunnya tentu juga melibatkan lembaga lainnya, satu di antaranya Dinas Kesehatan, di Kota Bandung.

Cov jemaah haji dapat pengarahan.
Calon jemaah haji dapat pengarahan. (TRIBUN JABAR / GANI KURNIAWAN)

Para calon jemaah haji sebelumnya melakukan proses medical check up ditangani Dinas Kesehatan dan mendapatkan pelayanan kesehatan jauh-jauh hari, sejak bulan januari 2019 lalu.

Setelah melalukan proses cek kesehatan itu calon jemaah haji mendapatkan surat Istitoah sehat dan vaksin, sebagaimana salah satu syarat pelunasan dan kesiapan jemaah haji.

Penulis: Hilda Rubiah
Editor: Dedy Herdiana
Sumber: Tribun Jabar
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved