27 Desa dan 3 Kelurahan di Ciamis Krisis Air Bersih, BPBD Baru Salurkan Air Bersih ke 2 Desa

Ke-12 kecamatan yang rawan air bersih setiap musim kemarau tersebut meliputi Kecamatan Pamarican, Cidolog, Cisaga, Rajadesa, Cipaku, Baregbeg, Ciamis,

27 Desa dan 3 Kelurahan di Ciamis Krisis Air Bersih, BPBD Baru Salurkan Air Bersih ke 2 Desa
Tribun Jabar/Andri M Dani
Sawah dan kolam warga di Desa Imbanagara Ciamis yang mengalami kekeringan akibat kemarau, Jumat (5/7/2019) 

Laporan Wartawan Tribun Jabar, Andri M Dani

TRIBUNJABAR.ID, CIAMIS – Memasuki awal bulan Juli ini, pihak BPBD Ciamis baru menyalurkan bantuan air bersih ke dua desa yang sudah dilanda krisis air bersih pada musim kemarau.

Pertama, Desa Neglasari Pamarican dikirim 2 tanki air bersih (kapasitas 5.000 liter) pada Kamis (4/7/2019) dan pada Jumat (5/7/2019).

Dua tanki air bersih juga dikirim ke Desa Sukajaya Pamarican.

“Sampai hari  ini baru dua desa yang sudah memohon bantuan air bersih. Makanya langsung kami kirim, pendistribusian berlangsung Kamis (4/7/2019) sebanyak 2 tangki ke Desa Neglasari dan hari ini (Jumat, 5/7) ke Desa Sukajaya. Kedua desa tersebut berada di Kecamatan Pamarican,” ujar Kabid Kedaruratan dan Logistik (Darlog) BPBD Ciamis, Ani Supiani, kepada Tribun Jumat (5/7/2019).

Ditemukan 9 Ekor Macan di Hutan Gunung Sawal Ciamis, Ini Imbauan bagi Warga

Bantuan air bersih tersebut, kata Ani, hanya untuk kebutuhan makan dan minum.

Sedangkan air bersih untuk kebutuhan mandi dan cuci, terpaksa tetap menggunakan sumber yang ada, semisal sungai atau sumur umum yang lokasinya mungkin cukup jauh.

Di Desa Neglasari, menurut Ani, sebenarnya tahun 2019 ini sudah dipasangkan pompa bor.

“Tapi masih ada RT yang belum terjangkau sumur pompa tersebut, yakni RT 22. Makannya kemarin kami kirim bantuan air bersih ke RT tersebut,” tambahnya.

Ani juga mengungkapkan, berdasarkan data ancaman krisis air bersih yang terjadi pada musim kemarau tahun 2018, di Ciamis ada 12 kecamatan yang rawan air bersih, meliputi 27 desa dan 3 kelurahan di 69 titik.

Halaman
12
Penulis: Andri M Dani
Editor: Theofilus Richard
Sumber: Tribun Jabar
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved