Waspada, Ini Beberapa Modus yang Biasa Dilakukan Pelaku Pemerkosaan, Semuanya Berawal dari Tontonan

Komnas Anak Indonesia menyebutkan, ada beberapa modus dilakukan oleh orang yang melakukan tindak pidana pemerkosaan.

Waspada, Ini Beberapa Modus yang Biasa Dilakukan Pelaku Pemerkosaan, Semuanya Berawal dari Tontonan
Istimewa
Ilustrasi 

Laporan wartawan Tribun Jabar, Hakim Baihaqi

TRIBUNJABAR.ID, SUMEDANG - Komisi Nasional Perlindungan (Komnas) Anak Indonesia menyebutkan, ada beberapa modus dilakukan oleh orang yang melakukan tindak pidana pemerkosaan.

Sekjen Komnas Perlindungan Anak, Dhanang Sasongko, mengatakan, beberapa modus yang dilakukan para pelaku yakni, di antaranya dengan cara melakukan tipu daya, mengancam, hingga menggunakan obat bius atau penenang.

"Hampir semua kasus pemerkosaan terutama yang melibatkan anak menjadi korban, menggunakan modus tersebut," kata Dhanang melalui pesan suara, Kamis (4/7/2019).

Dhanang mengatakan, modus yang dilakukan para pelaku ini, sebagian besar didapatkan dari hasil tontonan baik dari media televisi atau internet, sehingga mereka nekat melakukan aksinya tersebut.

Ia mengatakan, di salah satu televisi swasta di Indonesia menayangkan acara terkait pengungkapan sebuah kasus kejahatan termasuk pemerkosaan, di dalamnya terdapat reka dugaan bagaimana si pelaku melakukan perbuatannya tersebut.

Kemudian untuk pornografi di internet, pelaku biasanya melewati beberapa tingkatan, yang pertama menonton, menonton lebih berat lagi, melakukan, masturbasi, dan terakhir memperagakan kepada orang terdekat.

"Mereka banyak menonton serta sebagian besar terinspirasi dari tontonan," katanya.

Kepolisian Resor (Polres) Sumedang berhasil mengungkap kejadian tindak pidana persetubuhan anak di bawah umur yang terjadi di Kecamatan Tanjungkerta, Kabupaten Sumedang, dilakukan oleh kelima tersangka, empat di antaranya merupakan anak di bawah umur.

Empat anak dibawah umur yang melakukan tindakan persetebuhan kepada korban yang bernama T (14), yakni DM (17), TN (15), MKa (17), dan MA (16).

Halaman
12
Penulis: Hakim Baihaqi
Editor: Seli Andina Miranti
Sumber: Tribun Jabar
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved