Kuliner Bandung

Mencicipi Segarnya Salmon Asam Padeh, Dimasak Pakai Bumbu Khas Sumatera Barat

Warna ikan salmon dengan bumbu merah yang segar dan tampak menggoda ini dibuat menggunakan bahan rempah dan bumbu dapur yang digunakan sehari-hari.

Mencicipi Segarnya Salmon Asam Padeh, Dimasak Pakai Bumbu Khas Sumatera Barat
Tribun Jabar/ Putri Puspita
Tampilan salmon asam padeh yang rasanya lembut dan kaya akan rempah 

Laporan Wartawan Tribun Jabar, Putri Puspita

TRIBUNJABAR.ID, BANDUNG - Tahukah Anda, ikan salmon adalah salah satu ikan yang paling bergizi di dunia lho.

Ikan yang warna dagingnya merah segar ini memiliki kandungan asam lemak omega 3 terbaik dan kaya kan vitamin juga protein.

Ikan salmon seringkali diolah menjadi berbagai menu makanan. Di Jepang, ikan samon biasanya menjadi menu untuk membuat sushi dan sashimi.

Di Indonesia, ikan salmon juga diolah dengan bumbu rempah menjadi menu makanan bernama ikan salmon asam padeh yang berasal dari Sumatera Barat.

Kreasi hidangan ikan salmon asam padeh ini dibuat oleh Executive Chef Mason Pine Hotel, Henry Brahmana. Ia mengatakan, daging salmon yang digunakanya adalah salmon norwegia.

"Salmon Norwegia memiliki karakteristik lemak yang tebal dan dagingnya lebih lembut. Berbeda dengan ikan tuna atau tongkol yang teksturnya lebih keras," ujar Henry saat ditemui di di Santai All Day Dining, Jalan Raya Parahyangan KM 1.8, Selasa (2/7/2019).

Warna ikan salmon dengan bumbu merah yang segar dan tampak menggoda ini dibuat menggunakan bahan rempah dan bumbu dapur yang digunakan sehari-hari.

"Bumbu yang digunakan diantaranya rempah bumbu merah, asam kandis, cabai merah, bawang putih, bawang merah lalu kuahnya diberi daun kunyit dan lengkuas supaya lebih beraroma," ujarnya.

Untuk proses pembuatannya, Henry menjelaskan, bumbu asam padeh ini ditumis hingga matang dan mengental. Supaya bumbunya lebih meresep, Henry menggunakan metode api kecil.

"Proses memasaknya jangan terlalu lama sekitar 15 menit saja," ujarnya.

Ketika dicoba untuk dicicipi potongan daging salmon ini begitu lembut. Rasa ikannya pun tidak amis di mulut.

Bumbu rempahnya begitu menyerap hingga ke dalam potongan bagian dalam ikannya.

Anda bisa mencoba membuat menu ini di rumah atau bisa juga mencicipinya secara langsung di Santai All Day Dining Restaurant, Mason Pine Hotel Kota Baru Parahyangan.

Yuk Berburu Aneka Sajian Gurame Bakar dan Goreng di Kota Bandung, Catat Nih Tempatnya!

Tiga Kuliner Ini Paling Diburu Saat Lebaran, Tempat Jualannya Kerap Ramai Dikunjungi

Penulis: Putri Puspita Nilawati
Editor: Seli Andina Miranti
Sumber: Tribun Jabar
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved