Berkomitmen Naik-kelaskan UMKM Jabar, Hal Ini yang Diupayakan Ketua ISMI Jabar

Ketua ISMI Jabar, Agung Suryamal, mengatakan bahwa dalam kepengurusannya saat ini, ISMI Jabar akan terus berupaya membantu pelaku UMKM Jabar

Berkomitmen Naik-kelaskan UMKM Jabar, Hal Ini yang Diupayakan Ketua ISMI Jabar
Tribun Jabar/Kemal Setia Permana
Ketua ISMI Jabar, Agung Suryamal pada acara Halalbihalal ISMI Jabar di sebuah hotel kawasan Jalan Sumatera, Kota Bandung, Rabu (3/7/2019) 

Laporan Wartawan Tribun Jabar, Kemal Setia Permana

TRIBUNJABAR.ID, BANDUNG - Sebagai provinsi yang memiliki basis pengusaha mikro kecil dan menengah (UMKM) yang cukup dominan, Jawa Barat berpotensi mendapatkan alur neraca perdagangan yang menjanjikan di Tanah Air.

Namun, seperti biasa, masih banyaknya kendala yang menghambat pelaku UMKM untuk lebih maju masih banyak ditemui, terlebih dalam kaitannya dengan akses usaha dan permodalan.

Untuk itulah Ikatan Saudagar Muslim Indonesia ( ISMI) Jawa Barat bertekad untuk berpartisipasi membantu pemerintah daerah Jabar untuk memberikan akses permodalan dan usaha kepada para pelaku UMKM yang tersebar di seluruh penjuru Jabar.

Ketua ISMI Jabar, Agung Suryamal, mengatakan bahwa dalam kepengurusannya saat ini, ISMI Jabar akan terus berupaya membantu pelaku UMKM Jabar untuk lebih maju dan mampu mandiri kemudian hari.

"Salah satu program ISMI adalah pemberdayaan ekonomi umat, diantaranya adalah dengan membantu akses usaha dan permodalan bagi pelaku usaha kecil agar naik kelas," tutur Agung dalam halalbihalal ISMI Jabar di hotel kawasan Jalan Sumatera, Rabu (3/7/2019).

Dukung UMKM, Kanwil DJP Jabar I Gelar BDS 2019

Menurut Agung, dalam kepengurusan ISMI Jabar yang baru terbentuk setahun ini, pihaknya menggelar rapat kerja daerah (rakerda) yang salah satu konteksnya adalah melakukan penetrasi pemberdayaan eonomi umat dan melakukan kolaborasi di antara seluruh pengusaha di Jabar untuk membangun semangat kepedulian dan peka terhadap permasalahan sosial dan ekonomi.

"Di antaranya tadi, harus bisa membantu saudara-saudara (pelaku UMKM) kita agar bisa naik kelas," katanya.

Agung menegaskan bahwa masih tingginya masalah yang harus dihadapi para pengusaha kecil akan terus menjadi perhatian ISMI mengingat kalangan saudagar yang tergabung di ISMI Jabar memiliki akses usaha, permodalan dan pengalaman yang bisa menjadi contoh para pelaku usaha di bawahnya.

Ini, menurutnya, sangat penting karena sangat berkaitan erat untuk bisa mendorong ekonomi daerah dalam menghadapi tantangan perekonomian ke depan.

Halaman
12
Penulis: Kemal Setia Permana
Editor: Dedy Herdiana
Sumber: Tribun Jabar
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved