Soal Kereta Cepat Jakarta-Bandung, Ridwan Kamil Pastikan Tidak KCIC dan Pemkab KBB Tidak Bermasalah

"Jadi kemarin saya rapat dengan Ibu Menteri (BUMN). Pertama adalah tidak ada masalah dengan Kabupaten Bandung Barat mengenai KCIC. Jadi itu hanya masa

Soal Kereta Cepat Jakarta-Bandung, Ridwan Kamil Pastikan Tidak KCIC dan Pemkab KBB Tidak Bermasalah
istimewa
Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil bersama Menteri BUMN Rini Soemarno, Direktur Jenderal Pengadaaan Tanah Arie Yuriwin, Direktur Utama KCIC, Chandra Dwiputra, serta jajaran Pemerintah Provinsi Jabar dan Kabupaten Bandung Barat, dalam Tunnel Walini, proyek Kereta Cepat Jakarta-Bandung, di kawasan Perkebunan Maswati, Desa Kanangasari, Kecamatan Cikalong Wetan, Kabupaten Bandung Barat, Selasa (14/5/2019). 

Laporan Wartawan Tribun Jabar, Muhammad Syarif Abdussalam

TRIBUNJABAR.ID, BANDUNG - Gubernur Jawa Barat, Ridwan Kamil, memastikan tidak ada masalah antara Bupati Bandung Barat, Aa Umbara, atau Pemerintah Kabupaten Bandung Barat dengan pembangunan Kereta Cepat Jakarta-Bandung yang dilakukan oleh PT Kereta Cepat Indonesia China (KCIC).

"Jadi kemarin saya rapat dengan Ibu Menteri (BUMN). Pertama adalah tidak ada masalah dengan Kabupaten Bandung Barat mengenai KCIC. Jadi itu hanya masalah komunikasi saja," kata Gubernur yang akrab disapa Emil ini, di Gedung Negara Pakuan Bandung, Rabu (3/7/2019).

Pemerintah Kabupaten Bandung Barat, kata Ridwan Kamil, berharap warga sekitar lintasan menerima manfaat langsung dari pembangunan Kereta Cepat Jakarta-Bandung untuk wilayahnya.

Kecelakaan Tunggal di Cimahi Tewaskan 2 Orang, Korban Masuk Parit di Lokasi Pembangunan Kereta Cepat

Ia tidak ingin warga sekitar hanya menjadi penonton.

"Jadi tidak hanya numpang lewat. Jadi sedang disepakati penguatan akses jalan di KBB (Kabupaten Bandung Barat) yang memang ada jalur di sekitar situ," kata Ridwan Kamil.

Sebelumnya, Bupati Kabupaten Bandung Barat, Aa Umbara, mengaku masih belum mengeluarkan izin pembangunan kereta cepat di kawasan Cikalong Wetan.

Hal tersebut dilakukan karena pihak PT KCIC belum melakukan komitmen dengan Pemerintah Kabupaten Bandung Barat terkait dengan hadirnya transportasi massal tersebut.

Salah satu komitmen yang diajukan yakni perbaikan akses jalan dari Kecamatan Cikalong Wetan ke Kecamatan Cisarua yang kondisinya dinilai belum layak.

Ridwan Kamil juga memembahas tentang penghubung antara jalur kereta dalam kota dari Tegalluar, Kabupaten Bandung, menuju Stasiun Bandung, dalam rapatnya bersama Menteri BUMN Rini Soemarno.

Halaman
12
Penulis: Muhamad Syarif Abdussalam
Editor: Theofilus Richard
Sumber: Tribun Jabar
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved