Orang Tua Siswa Gruduk SMAN 4 Semarang Gara-gara PPDB, Gubernur Ganjar Pranowo Turun Tangan

Mengetahui anaknya tersingkir dari dari daftar calon siswa yang diterima di SMAN 4 Semarang, Beberapa orang tua menggeruduk SMAN 4 Semarang pada Rabu

ISTIMEWA
Gubernur Jateng Ganjar Pranowo dan Kepala Disdikbud Jateng Jumeri, melakukan sidak PPDB di SMAN 4 Semarang, Rabu (3/7). SMA N 4 Semarang menjadi satu di antara sekolah dengan zona padat. 

TRIBUNJABAR.ID.COM, SEMARANG - Mengetahui anaknya tersingkir dari dari daftar calon siswa yang diterima di SMAN 4 Semarang, Beberapa orang tua menggeruduk SMAN 4 Semarang pada Rabu (3/7/2019).

Di tengah persoalan tersebut, Gubernur Jawa Tengah, Ganjar Pranowo, menjadi penengah.

Ia berusaha menjelaskan sistem PPDB kepada orang tua murid.

Satu di antara orang tua siswa yang datang adalah Turtiantoro.

Warga Bangunharjo Barat Banyumanik yang telah mendaftarkan cucunya, Dimas Saputra, terlihat marah karena sang cucu tersisih dari SMAN 4 Semarang.

Orang Tua Siswa Unjukrasa Soal PPDB, Mengeluh Tetangga Rumah Lebih Jauh Tapi Lolos PPDB

Kuota PPDB Jalur KETM di Sejumlah Sekolah di Kota Bandung Tidak Terpenuhi

Padahal jarak rumahnya dengan sekolah tidak lebih dari 1 km.

"Kemarin cucu saya sudah masuk daftar. Lha sekarang kok sudah tidak ada. Sistem ini merepotkan. Mau sekolah saja sulit," hardiknya.

Merasa bernasib sama, Sukesi yang mendaftarkan anaknya juga langsung nyolot.

Bahkan dia membandingkan keruwetan PPDB (Penerimaan Peserta Didik Baru) sistem zonasi ini tidak ada bedanya dengan sengkarut SKTM (Surat Keterangan Tidak Mampu) tahun lalu.

"Kalau dikatakan miskin saya ini juga miskin. Lha terus mau disekolahkan di mana ini? (Sekolah) swasta mahal, tidak mampu saya pak," katanya.

Seorang guru yang nampak terbata-bata menjelaskan tidak kuasa memberi penjelasan karena begitu memberi satu penjelasan, orangtua lain langsung menimpali.

Melihat hal tersebut, Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo yang tengah melakukan sidak proses PPDB itu langsung buka suara. (TribunJateng.com/Faisal Affan)

BACA SELENGKAPNYA DI TRIBUN JATENG >>> klik di sini

Editor: Theofilus Richard
Sumber: Tribun Jateng
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved