3 Cosplayer Jepang Ikut Festival di Malaysia, Malah Ditahan Gara-gara Ini

Mengikuti sebuah festival di Malaysia, tiga cosplayer perempuan asal Jepang dan seorang pria asal Spanyol ditahan otoritas berwenang di Malaysia.

3 Cosplayer Jepang Ikut Festival di Malaysia, Malah Ditahan Gara-gara Ini
Istimewa.
ilustrasi cosplay 

TRIBUNJABAR.ID, SHAH ALAM - Mengikuti sebuah festival di Malaysia, tiga cosplayer perempuan asal Jepang dan seorang pria asal Spanyol ditahan otoritas berwenang di Malaysia.

Pasalnya, keempatnya orang itu disebut mengikuti pertunjukan dalam sebuah festival cosplay tanpa izin yang sesuai.

Dilaporkan, bahwa keempat orang tersebut menggunakan visa turis saat berada di Malaysia.

Sebagai informasi, cosplayer adalah seseorang yang mengenakan kostum dan menirukan karakter dari film, animasi, komik, atau video game, dan biasanya banyak diambil dari budaya pop Jepang.

Wali Kota Surabaya, Risma Akhirnya Boleh Pulang dari RSUD Dr Soetomo setelah Dirawat 9 Hari

Hobi ini kian populer di negara Asia Tenggara itu.

Keempat cosplayer asing itu diciduk pihak keimigrasian Malaysia dalam sebuah acara festival bertajuk "Geek Summit" yang digelar di kota Shah Alam, Minggu (30/6/2019).

"Mereka datang ke Malaysia menggunakan visa turis, tetapi mereka berdandan dan melakukan penampilan tanpa izin," kata pejabat senior imigrasi Mohamad Sukri Nawi, kepada AFP, Selasa (2/7/2019).

Aturan yang berlaku di Malaysia mengharuskan warga asing yang ikut serta dalam pertunjukan seni di negara itu memegang izin dari lembaga pemerintah.

Keempat cosplayer yang ditahan tersebut berusia 28-41 tahun.

"Apabila terbukti melanggar hukum imigrasi, keempat warga asing itu terancam dijatuhi sanksi denda hingga deportasi," kata Mohamad Sukri.

Kasus ini bukan pertama kali sebuah acara festival cosplay digerebek oleh pihak berwenang di negara mayoritas Muslim yang konservatif itu.

Sebelumnya pada Maret lalu peserta asing dari Jepang, Singapura, Thailand, dan Hong Kong terpaksa ditahan dari sebuah festival cosplay di Kuala Lumpur karena tidak memegang izin kerja yang sesuai.

(Kompas.com/Agni Vidya Perdana)

Jumlah Desa Mandiri di Jabar Naik Dua Kali Lipat Lebih Dalam Setahun

Viral di Media Sosial Pengemudi Mobil Todongkan Pistol, Polisi Masih Selidiki

Editor: Theofilus Richard
Sumber: Kompas
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved