Ema Sumarna dan Benny Bachtiar Bertemu di PTUN, Ema Keluar Lewat Pintu Utama, Benny Lewat Samping

Staf ahli Pemkot Cimahi Benny Bachtiar dan Sekda Kota Bandung Ema Sumarna bertemu di Pengadilan Tata Usaha Negara (PTUN)

Ema Sumarna dan Benny Bachtiar Bertemu di PTUN, Ema Keluar Lewat Pintu Utama, Benny Lewat Samping
tribunjabar/mega nugraha
Sekda Kota Bandung Ema Sumarna di PTUN Bandung, Selasa (2/7/2019). 

Laporan Wartawan Tribun Jabar, Mega Nugraha Sukarna

TRIBUNJABAR.ID,BANDUNG - Staf ahli Pemkot Cimahi Benny Bachtiar dan Sekda Kota Bandung Ema Sumarna bertemu di Pengadilan Tata Usaha Negara (PTUN) Bandung, Jalan Diponegoro, Kota Bandung, Selasa (2/7/2019).

Keduanya adalah pihak penggugat dan tergugat. Benny Bachtiar menggugat surat keputusan Wali Kota Bandung tentang pengangkatan sekaligus pelantikan Ema Sumarna sebagai Sekda Kota Bandung. Sedangkan Ema Sumarna, hadir sebagai tergugat mewakili Wali Kota Bandung.

Keduanya menghadiri pemeriksaan berkas gugatan sebelum sidang perdana gugatan dimulai. Pantauan Tribun, keduanya datang hampir bersamaan. Keduanya baru bertatap muka di ruang sidang untuk memeriksa berkas gugatan.

Keduanya meninggalkan ‎kantor PTUN Bandung melalui pintu yang berbeda. Ema Sumarna lewat pintu utama dan Benny Bachtiar lewat pintu samping. Keduanya berpisah tanpa pamitan dan kembali akan bertemu di sidang perdana pembacaan gugatan dalam waktu dekat ini.

Seperti diketahui, Benny Bachtiar menggugat surat keputusan Wali Kota Bandung yang mengangkat Ema Sumarna sebagai Sekda Kota Bandung. 

Bus Damri Bandung-Bandara Kertajati Gratis Hingga 31 Juli 2019, Ini Tips Buat Calon Penumpang

Staf ahli Pemkot Cimahi Benny Bachtiar di PTUN Bandung, Selasa (2/7/2019).
Staf ahli Pemkot Cimahi Benny Bachtiar di PTUN Bandung, Selasa (2/7/2019). (tribunjabar/mega nugraha)

Benny beralasan ia yang paling memenuhi syarat untuk posisi itu. Apalagi, sudah direkomendasikan Gubernur Jabar, Mendagri hingga Komisi ASN. Benny juga beralasan penunjukan dirinya sudah memenuhi aturan.

Bagi kubu Wali Kota, surat pengangkatan dan pelantikan Ema Sumarna sudah sesuai aturan perundang-undangan.

Kabag Hukum Pemkot Bandung Bambang Suhaeri mengatakan, pengangkatan Ema Sumarna mengacu pada Undang-undang ASN dan ‎PP Tentang Manajemen ASN.

"Kami bagian hukum selaku kuasa hukum Wali Kota Bandung menganggap surat keputusan pengangkatan Pak Ema Sumarna sudah sah dan benar," ujar Bambang Suhaeri. 

Ema Sumarna yang hadir mengaku kedatangannya itu untuk memenuhi panggilan pengadilan karena ada beberapa berkas yang harus dilengkapi. Seperti menyerahkan data diri.

Persib Bandung Didenda Rp 70 Juta, Gara-gara Oknum Bobotoh Lempar Botol ke Lapangan

"Saya jadi pihak turut tergugat karena di surat keputusan itu ada nama saya. Arahan Pak Wali Kota saya diminta untuk mengikuti aturan saja," ujar Ema Sumarna.

Sementara itu, Benny mengatakan kedatangannya ke pengadilan juga untuk melengkapi berkas gugatan yang sudah ia sampaikan.

"Saat ini hanya perbaikan gugatan saja. Secara prinsip tidak ada perubahan terkait gugatan yang saya ajukan terhadap SK Wali Kota Bandung terkait pengangkatan sekda," ujarnya.

Penulis: Mega Nugraha
Editor: Ichsan
Sumber: Tribun Jabar
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved