Dukung UMKM, Kanwil DJP Jabar I Gelar BDS 2019

Mendukung pertumbuhan UMKM, Kanwil DJP Jawa Barat I menggelar BDS 2019.

Dukung UMKM, Kanwil DJP Jabar I Gelar BDS 2019
Tribun Jabar/Siti Fatimah

TRIBUNJABAR.ID, BANDUNG - Kanwil DJP Jawa Barat I menggelar acara Business Development Center (BDS) 2019 bertajuk “Gebyar UMKM Sahabat Pajak” di Auditorium Gedung Keuangan Negara (GKN) Bandung, Selasa (2/7/2019).

Acara ini sekaligus dalam rangka menyambut Hari Pajak yang diperingati setiap tanggal 14 Juli.

Neilmaldrin Noor, selaku Kepala Kanwil DJP Jawa Barat I, mengatakan, BDS adalah program DJP sejak tahun 2015 yang ditujukan kepada Wajib Pajak UMKM dalam rangka membina dan mendorong pengembangan usahanya secara berkesinambungan sehingga meningkatkan kesadaran (awareness), keterikatan (engagement), dan kepatuhan (compliance) terhadap pajak.

Jumlah pelaku Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah (UMKM) mencapai sekitar 60 juta dan berkontribusi sebanyak 60 persen terhadap Produk Domestik Bruto (PDB).

Namun hanya 1,5 juta yang tercatat sebagai pembayar pajak dengan kontribusi sebesar 2,2 persen terhadap total penerimaan pajak penghasilan yang dibayarkan sendiri oleh wajib pajak.

"Karena itulah diperlukan pembinaan yang tepat untuk pelaku UMKM agar bisa melakukan manajemen usaha yang baik, sehingga bisnisnya dapat terus berkembang dan menjadi besar," katanya.

Menurutnya, sejalan dengan Era Revolusi Industri 4.0, maka para pelaku UMKM juga harus terbuka untuk beradaptasi dengan teknologi terbaru.

Secara bertahap, UMKM diharapkan dapat bertransformasi dari sistem konvensional menuju sistem digital, go modern, go digital, go online. Dengan demikian, UMKM bisa berdaya saing lebih tinggi.

Dari sisi pemasaran, adopsi teknologi informasi memberikan jangkauan pasar yang jauh lebih luas. Sementara dari sisi operasional, adopsi teknologi digital akan memberikan efektivitas dan efisiensi yang besar.

"Karena jika usaha makin mapan dan berkembang, maka peluang berkontribusi kepada negara dalam membayar pajak akan semakin baik," katanya.

Halaman
12
Penulis: Siti Fatimah
Editor: taufik ismail
Sumber: Tribun Jabar
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved