Caleg Terpilih Terancam Tidak Dilantik Jika Tidak Menyerahkan LHKPN ke KPU

Penyerahan Laporan Harta Kekayaan Penyelenggara Negara ( LHKPN) menjadi syarat pelantikan calon legislatif terpilih pascapenetapan oleh KPU.

Caleg Terpilih Terancam Tidak Dilantik Jika Tidak Menyerahkan LHKPN ke KPU
Tribun Jabar/Siti Masithoh
Audiensi KPU Kabupaten Cirebon dengan DPRD Kabupaten Cirebon di kantor DPRD Kabupaten Cirebon, Selasa (2/7/2019). 

Laporan Wartawan Tribun Jabar, Siti Masithoh

TRIBUNJABAR.ID, CIREBON - Penyerahan Laporan Harta Kekayaan Penyelenggara Negara ( LHKPN) menjadi syarat pelantikan calon legislatif terpilih pascapenetapan oleh KPU.

LHKPN itu selambat-lambatnya harus diserahkan tujuh hari pascapenetapan.

Komisioner KPU Kabupaten Cirebon Devisi Teknis, Apendi, mengatakan, berdasarkan putusan MK untuk PHPU DPRD kabupaten berdasarkan peraturan MK nomor 2 tahun 2019 tanggal 6 hingga 9 Agustus. Tiga hari setelah itu, KPU hari menetapkan Caleg terpilih.

"Pelantikan sendiri sesuai akhir masa jabatan (AMJ) anggota DPRD periode 2014-2019," ujar Apendi, saat ditemui usai melakukab audiensi dengan DPRD, Selasa (2/7/2019).

PKB Jabar Serahkan LHKPN 12 Caleg ke KPU, Mereka Dapat Email dari KPK

Menurutnya, untuk proses penetapan berdasarkan PKPU nomor 5 tahun 2019 dilakukan melalui pleno terbuka dengan mengundang saksi peserta pemilu dan Bawaslu.

Pada pleno itu tahap pertama penetapan perolehan kursi per dapil yang kemudian akan direkap.

"Baru setelah itu penetapan caleg terpilih per dapil. Tapi, syarat pelantikan caleg terpilih harus melaporkan LHKPN," katanya.

Jika para caleg tidak menyerahkan LHKPN, lanjut kata dia, namanya tidak akan diusulkan dalam pelantikan dan pengambilan sumpah jabatan. Artinya, mereka terancam tidak dilantik.

"Nah, berdasarkan PKPU no 5 tahun 2019 pasal 37 ayat 1-4 disebutkan bahwa caleg terpilih harus menyerahkan tanda terima LHKPN paling lambat tujuh hari sejak ditetapkan. Jika tidak maka tdk diusulkan nama-namanya ke gubernur untuk dilantik," tambahnya.

Pilkada Kabupaten Tasik 2020, KPU Butuh Dana 2x Lipat Lebih Besar Dibanding Pilkada 2015

Sementara itu, Ketua DPRD Kabupaten Cirebon, Mustofa, mengatakan, audiensi dengan KPU dengan DPRD berkaitan dengan penetapan perolehan suara dan caleg terpilih.

"Kami harap semua caleg yang terpilih kembali untuk mempersiapkan LHKPN. Dan Alhamdulillah semuanya sudah menyerahkannya. Tinggal menunggu data otentik laporan LHKPN dari KPK," kata dia.

Pihaknya juga mengapresiasi kinerja KPU yang telah menyelenggarakan Pemilu 2019 dengan aman, lancar, dan tertib.

Penulis: Siti Masithoh
Editor: Dedy Herdiana
Sumber: Tribun Jabar
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved