2 Kecamatan di Tasikmalaya Sudah Alami Kekeringan, Diprediksi Akan Bertambah

Memasuki musim kemarau, dua kecamatan di Kabupaten Tasikmalaya melapor alami kekeringan. Diprediksi akan bertambah.

2 Kecamatan di Tasikmalaya Sudah Alami Kekeringan, Diprediksi Akan Bertambah
Tribun Jabar/Isep Heri
Sawah di Kampung Sakaruji, Desa Sukaraja, Kecamatan Rajapolah, Kabupaten Tasikmaya retak-retak akibat kekeringan. 

Laporan Wartawan Tribun Jabar, Isep Heri

TRIBUNJABAR.ID, TASIKMALAYA - Memasuki musim kemarau, Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Tasikmalaya sudah menerima laporan dua kecamatan mengalami kekeringan.

Kepala Bidang Kedaruratan dan Logistik BPBD Kabupaten Tasikmalaya Ria Supriatna mengatakan dua kecamatan yang sudah melaporkan kekeringan adalah Sukaraja dan Cineam.

"Sejauh ini baru dua kecamatan yang sudah melaporkan, diprediksi akan terus bertambah. Kami masih melakukan pendataan di lapangan," kata dia saat dihubungi, Selasa (2/7/2019).

Ria mengatakan, pihaknya secara berkala melakukan pendistribusian ke sejumlah titik yang memerlukan air bersih untuk konsumsi sehari-hari.

"Kami juga berkordinasi dan dibantu pihak kepolisian yang sudah menyalurkan air secara rutin di sejumlah titik," kata dia.

Kepala Pelaksana BPBD Kota Tasikmalaya Ucu Anwar mengatakan pihaknya telah menerima laporan dari sembilan kecamatan yang melingkupi 32 kelurahan.

Berdasar dari laporan tersebut, terdapat 872 titik potensi kekeringan yang dapat berdampak pada 49.942 kepala keluarga (KK) atau 170.522 jiwa.

"Sementara kami mengacu data tahun kemarin. Kami tetap siaga dengan menyiapkan 32 ribu liter air, dua tangki untuk mobil kami juga siagakan," kata dia.

Darurat Kekeringan di Jawa, ACT Siap Pasok Air Bersih

Meski Terancam Gagal Panen, Sejumlah Petani di Tasikmalaya Paksakan Menggarap Lahan saat Kemarau

Penulis: Isep Heri Herdiansah
Editor: taufik ismail
Sumber: Tribun Jabar
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved