Temuan Mencengangkan di Situs Candi Ronggeng, Sudah 3 Arca Nandi yang Ditemukan, Biasanya Cuma 1

Penamaan Situs Candi Ronggeng lahir dari cerita rakyat setempat yang menurut Endang konon karena warga dulu sering mendengar suara gong di malam hari

Temuan Mencengangkan di Situs Candi Ronggeng, Sudah 3 Arca Nandi yang Ditemukan, Biasanya Cuma 1
TRIBUNJABAR/ANDRI M DANI
Tim Arkeolog dari Balai Arkeologi (Balar) Jabar menutup kegiatan eskavasinya di Situs Candi Ronggeng Desa Sukajaya Pamarican Ciamis sejak tanggal 18/6 lalu dengan menyerahkan pragmen arca nandi dan dua batu profil struktur candi untuk disimpan di Museum Situs Karangkamulyan, Minggu (30/6) sore. Penyerahan 3 temuan hasil eskavasi Candi Ronggeng tersebut dilakukan langsung oleh ketua tim Balar Bandung, Dra Endang Widiyastuti kepada Penanggungjawab Museum Situs Karangkamulyan, Saripin Hidayat dan disaksikan Kasi Cagar Budaya dan Permuseuman Disbudpora Ciamis, Dra Tete Widiyanti MM . Penyerahan temuan penelitian arkeologi tersebut disertai penandatangan berita acara. 

Eskavasi Candi Ronggeng Pamarican Ciamis

Tim Arkeolog Balar Jabar temukan arca nandi ke-3 dan pondasi candi

TRIBUNJABAR.ID, CIAMIS – Penelitian yang dilakukan Tim Arkeologi dari Balai Arkeologi Jabar di situs Candi Ronggeng di Dusun Kedung Bangkong Desa Sukajaya Kecamatan Pamarican sejak Selasa (18/6) sampai Sabtu (29/6) telah menemukan arca nandi ke-3, yoni, pondasi candi,  dinding dan sudut candi.

Penggalian arkeologi (eskavasi) tersebut melibatkan tujuh orang arkeolog dengan 11 kotak eskavasi (titik galian) di areal kawasan inti situs seluas 400 meter persegi (20 x 20 m).

Dari 11 kotak eskavasi tersebut, beberapa di antaranya adalah galian eskavasi baru dan ada juga titik yang dulunya pernah digali tetapi kemudian ditimbun kembali.

Temuan arca nandi ke-3 tersebut berupa bagian belakang nandi lengkap dengan kaki kiri dan kaki kanannya.

Nandi merupakan kendaraan dari Dewa Siwa yang berwujud sapi.

Sedangkan Yoni merupakan lambang isteri Dewa Siwa.  

Fragmen nandi temuan kegiatan penelitian arkeologi di Situs Candi Ronggeng oleh Tim Arkeolog dari Balar Jabar diserahkan untuk disimpan di Museum Situs Karangkamulyan, Minggu (30/6) sore.

Selain fragmen arca nandi juga diserahkan dua batu profil struktur candi Ronggeng.

Halaman
1234
Penulis: Andri M Dani
Editor: Ravianto
Sumber: Tribun Jabar
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved