Tawarkan 14 Program Prioritas untuk Jokowi-Maruf, Pertimbangan Partai Demokrat Gabung Koalisi

Ada 14 program prioritas yang ditawarkan Demokrat untuk diadopsi pemerintahan Jokowi-Maruf Amin pada periode 2019-2024.

Tawarkan 14 Program Prioritas untuk Jokowi-Maruf, Pertimbangan Partai Demokrat Gabung Koalisi
TRIBUN JABAR/DIAN NUGRAHA RAMDANI
Hinca Pandjaitan datang ke Cianjur, Kamis (29/7/2015). 

TRIBUNJABAR.ID, JAKARTA- Satu di antara pertimbangan Partai Demokrat bergabung dengan pemerintahan Joko Widodo - Maruf Amin adalah diterima atau tidaknya program-program prioritas yan ditawarkan Demokrat.

Ada 14 program prioritas yang ditawarkan Demokrat untuk diadopsi pemerintahan Jokowi-Maruf Amin pada periode 2019-2024.

Menurut Sekretaris Jenderal Partai Demokrat Hinca Pandjaitan, diterima atau tidaknya 14 program prioritas tersebut akan menjadi pertimbangan Partai Demokrat untuk bergabung pada barisan koalisi atau tidak.

"Tentu kalau Pak Jokowi berkenan dengan 14 program prioritas itu tentu menarik untuk didiskusikan karena jadi selaras dengan tujuan partai ini membawa program prioritas itu," kata Hinca Pandjaitan di Gedung DPR, Jakarta, Senin (1/7/2019).

Kendati demikian, ucap Hinca Pandjaitan, Demokrat akan tetap menjalankan 14 program prioritas partai itu, baik dengan posisi Demokrat di dalam koalisi maupun luar koalisi.

Presiden Jokowi Minta Golkar Tak Buka Ruang Perpecahan

Catat! Ini Deretan Janji Jokowi Saat Kampanye di Jawa Barat, dari Insentif Honor hingga Bandara Baru

Sebab, kata Hinca, 14 program tersebut sudah diturunkan kepada para calon anggota legislatif terpilih Partai Demokrat serta para kepala daerah yang disokong Demokrat.

"Itu yang kami dorong waktu kami kampanye dan masyarakat menerima itu dgn 7,77 persen suara yang kami terima atas program prioritas itu," ujar Hinca.

Saat ditanya kemungkinan Demokrat mendapat jatah menteri di kabinet pimpinan Jokowi-Maruf, Hinca Pandjaitan menjawab 'lihat saja nanti'.

"Nanti kita lihat lagi Oktober bagaimana, karena itu kewenangan utuh dan prerogatif presiden siapa yang mau dibuatnya jadi menteri-menteri," kata Hinca Pandjaitan.

Adapun sikap politik Partai Demokrat rencananya ditentukan setelah tanggal 10 Juli 2019 yang merupakan hari ke-40 wafatnya Ani Yudhoyono, istri Ketua Umum Partai Demokrat, Susilo Bambang Yudhoyono.

Presiden Jokowi dan Ivanka Trump Asyik Mengobrol di KTT G-20 Osaka, Ini 4 Fakta Menarik Ivanka Trump

Sandiaga Berikan Ucapan Selamat, Beri Isyarat Tak Mau Jadi Pembantu Jokowi, Ini Jalan yang Dipilih

Halaman
123
Editor: Tarsisius Sutomonaio
Sumber: Kompas
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved