Lahir 1 Juli, Een dan Dian Warga Bandung Dapat SIM C Gratis

Di hari jadi Polri, pemohon SIM yang lahir pada 1 Juli dibebaskan biaya pembuatan sim dan jika lolos tes uji pembuatan SIM.

Lahir 1 Juli, Een dan Dian Warga Bandung Dapat SIM C Gratis
Tribun Jabar/ Mega Nugraha
Dua warga yang mendapat SIM gratis karena lahirnya pada 1 Juli, Dian Yulianti dan Een Rohaeni. Keduanya mengajukan pembuatan SIM C baru. 

‎Laporan Wartawan Tribun Jabar, Mega Nugraha Sukarna

TRIBUNJABAR.ID, BANDUNG - Dua warga Kota Bandung dibebaskan dari biaya pembayaran SIM di Satlantas Polrestabes Bandung, Senin (1/7/2019).

Keduanya lahir pada 1 Juli dan bertepatan pula dengan hari jadi Bhayakangkara ke-73.

"Hari ini ada dua pemohon SIM dan pembiayaannya gratis karena lahir pada 1 Juli atau bertepatan dengan hari jadi Polri ke-73," ujar Kasatlantas Polrestabes Bandung, AKBP Agung Reza Pratidina di Mapolrestabes Bandung, Jalan Jawa.

Seperti diketahui, di hari jadi Polri, pemohon SIM yang lahir pada 1 Juli dibebaskan biaya pembuatan sim dan jika lolos tes uji pembuatan SIM.

Saat ini, SIM yang berlaku diantaranya SIM A untuk kendaraan pribadi perorangan. Ada SIM BI untuk kendaraan penumpang dengan berat 3,500 kg, SIM B II untuk kendaraan besar dengan berat menamping lebih dari 1000 kg, SIM C untuk sepeda motor, dan SIM D untuk penyandang cacat.

"‎Hari ini ada enam orang dengan tanggal lahir 1 Juli jadi pemohon pembuatan SIM, tapi memang yang lolos tes uji dua orang," ujar Reza.

Dua warga yang mendapat SIM gratis karena lahirnya pada 1 Juli adalah Dian Yulianti dan Een Rohaeni. Keduanya mengajukan pembuatan SIM C baru.

"Terima kasih kepada Polrestabes Bandung,semoga program nya diterima masyarakat kota Bandung. Saya awalnya enggak akan bikin SIM tapi lihat di media sosial ada program ini saya berinisiatif ikutan," ujar Dian.

Sementara itu, Een mengaku baru tahu ada program SIM gratis bagi yang lolos tes uji dan bertepatan dengan hari kelahirannya.

"Saya baru tahu pas masuk kantor polisi, saya ditanya tanggal lahir 1 Juli dan ada program SIM gratis bagi yang lahir 1 Juli. Saat dites, saya lolos dan ternyata gratis," kata Een.

Adapun biaya pembuatan SIM C baru berdasarkan PP tentang Pendapatan Negara Bukan Pajak yakni Rp 120 ribu dan perpanjangan Rp 80 ribu.

Mau Memperpanjang Masa Berlaku SIM? Ke Keraton Kasepuhan Saja, Ada Layanan SIM Keliling

Penulis: Mega Nugraha
Editor: Seli Andina Miranti
Sumber: Tribun Jabar
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved