Dinkes Kota Cimahi Telah Menyiapkan Tenaga Medis untuk Mendampingi Calon Jemaah Haji

Tenaga medis untuk mendampingi para Calon Jemaah Haji asal Kota Cimahi yang akan menunaikan ibadah haji tahun ini sudah disiapkan Dinas Kesehatan

Dinkes Kota Cimahi Telah Menyiapkan Tenaga Medis untuk Mendampingi Calon Jemaah Haji
TRIBUN JABAR / GANI KURNIAWAN
Ilustrasi: calon jemaah haji dapat pengarahan. 

Laporan Wartawan Tribun Jabar, Hilman Kamaludin

TRIBUNJABAR.ID, CIMAHI - Tenaga medis untuk mendampingi para Calon Jemaah Haji (CJH) asal Kota Cimahi yang akan menunaikan ibadah haji tahun ini sudah disiapkan Dinas Kesehatan Kota Cimahi.

Berdasarkan informasi yang dihimpun, ada 561 CJH asal Cimahi yang akan berangkat ke tanah suci pada 15 Juli yakni gelombang pertama kloter 33 sebanyak 410 jemaah dan pada gelombang 2 kloter 90 pada 2 Agustus jumlahnya sebanyak 151 jemaah.

Sekretaris Dinkes Kota Cimahi, Chanifah Listyarini mengatakan, ada tiga tenaga medis yakni satu dokter dan dua perawat yang akan mendampingi para CJH selama menunaikan ibadah haji nanti.

"Jadi nanti di sana koordinasi lagi dengan tim kesehatan yang ada di mekkah, untuk Cimahi sudah ada tim-nya (tenaga medis)," ujarnya di Kompleks Perkantoran Pemkot Cimahi, Senin (1/7/2019).

VIDEO-Jemaah Haji Kota Bandung 2019 Mendapat Pengarahan di Masjid Pusdai Jabar

Tenaga medis itu, lanjutnya, merupakan orang terpilih Departemen Kesehatan setelah memenuhi berbagai syarat dan mereka tergabung dalam Tim Kesehatan Haji Indonesia (TKHI).

"Kita daftar online, lalu kalau yang berminat ada syarat-syaratnya, kemudian dimasukan dan yang memilih Departemen Kesehatan," katanya.

Tugas tenaga medis yang tergabung dalam TKHI itu, kata dia, ada dua regu, seperti yang akan bertugas selama musim haji sekitar tiga bulan dan ada juga yang hanya mengawal per kloter.

BIJB Batal Jadi Bandara Pemberangkatan Calon Haji, Ini Kata Pengelola Islamic Center Majalengka

Ia mengatakan, para tenaga medis yang dipilih dari Kota Cimahi untuk mendampingi CJH tersebut akan mendapatkan pembekalan langsung dari Departemen Kesehatan.

"Selain pengawalan langsung ke mekkah, mereka juga akan mengawal keberangkatan para CJH dari Kota Cimahi ke Embarkasi Haji," katanya.

Untuk menunjang keperluannya, logistik seperti obat-obatan termasuk honor atau uang saku sudah disiapkan pemerintah pusat, sehingga mereka tinggal berangkat untuk menjalankan tugasnya.

Penulis: Hilman Kamaludin
Editor: Dedy Herdiana
Sumber: Tribun Jabar
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved