BNNP Jabar Siapkan Personel di BIJB Kertajati, Koordinasi dengan TNI dan Polri

Petugas Badan Narkotika Nasional Provinsi ( BNNP ) Jabar akan ditempatkan di Bandara Internasional Jawa Barat‎ ( BIJB )

BNNP Jabar Siapkan Personel di BIJB Kertajati, Koordinasi dengan TNI dan Polri
Tribun Jabar/ Haryanto
Kepala BNNP Jabar, Brigjen Pol Sufyan Syarif (Kanan) Bersama Bupati Purwakarta, Anne Ratna Mustika (kiri) saat diwawancarai sejumlah wartawan di Komplek Pemda Purwakarta, Nagri Kidul, Purwakarta pada Kamis (13/12/2018). 

Laporan Wartawan Tribun Jabar, Mega Nugraha Sukarna

TRIBUNJABAR.ID, BANDUNG- Petugas Badan Narkotika Nasional Provinsi ( BNNP ) Jabar akan ditempatkan di Bandara Internasional Jawa Barat‎ (BIJB) seiring akan padatnya ‎bandara pascapemindahan 13 rute penerbangan dari Husein Sastranegara Bandung.

"Nanti setelah beroperasi secara efektif, nanti kami tempatkan anggota di sana," ujar Kepala BNN Jabar, Brigjen Sufyan Syarif melalui ponselnya, Minggu (30/6/2019).

Seperti diketahui, per 1 Juli, rute penerbangan domestik di Bandara Husen Sastranegara Bandung akan dip‎indahkan ke BIJB atau Bandara Kertajati. Kata Sufyan, penempatan anggota di BIJB jadi kebutuhan untuk mencegah peredaran narkotika.

Pada banyak kasus, BNNP kerap menangkap orang hendak menyelundupkan narkotika di bandara karena pintu bandara kerap jadi pintu masuk peredaran narkotika.

"Yang pasti di sana ada strukturnya ada posnya. Sama halnya seperti di Bandara Husein Sastranegara. Nanti akan berkoordinasi dengan teman-teman TNI dan Polri," ujar dia.

Berlaku Besok, Ini Fasilitas di Bandara Kertajati dan Seperti Ini Tanggapan Penumpang

Pertama Turun di Bandara Kertajati, Penumpang Bingung Cari Transportasi dari BIJB

Suasana di lobi Bandara Kertajati, Majalengka, Minggu (30/6/2019).
Suasana di lobi Bandara Kertajati, Majalengka, Minggu (30/6/2019). (Tribun Cirebon/Eki Yulianto)

Setiap saat pi‎haknya pasang mata dan telinga terkait upaya peredaran narkotika yang masuk ke tanah Parahyangan ini. Kata dia, jumlah penduduk Jabar paling banyak di Indonesia dengan usia produktif di usia 27 tahun ke atas sebanyak 20 juta.

"Dengan fakta itu, ibarat ekonomi, ada supply and demand terkait narkotika sehingga pemberantasan narkotika harus gencar," katanya.

Saat ini di Indonesia ada korban narkotika mencapai sekitar 2,5 juta orang. Di Jabar, korban narkotika yang sedang penyembuhan mencapai lebih dari 10 ribu.

"Di sisi lain, upaya mengedarkan narkotika masih ada sehingga potensi korban narkotika masih bisa terus bertambah jika tidak dihentikan," ujarnya.

Kapolres Majalengka AKBP Mariyono menambahkan, saat ini polisi sudah bekerja di BIJB. Sebelumnya Kapolda Jabar Irjen Rudy Sufahriady sempat mengusulkan adanya kantor polisi setingkat polsek di BIJB yang berada di Kertajati, Majalengka itu.

"Saat ini sudah ada pos polisi dan juga BKO dari Ditpam Obvit Jabar. Untuk penambahan polsek baru nanti akan dikordinasikan lagi," ujar Mariyono.

Penulis: Mega Nugraha
Editor: Tarsisius Sutomonaio
Sumber: Tribun Jabar
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved