Pilpres 2019

Amien Rais Sering Serukan People Power, PAN Kini Siap Gabung Pemerintah, Kubu Jokowi Menerima?

Partai Amanat Nasional (PAN) siap menyeberang meninggalkan kubu Prabowo Subianto-Sandiaga Uno. PAN siap gabung kubu Jokowi-Maruf Amin.

Amien Rais Sering Serukan People Power, PAN Kini Siap Gabung Pemerintah, Kubu Jokowi Menerima?
Kolase Tribun Jabar
Amien Rais - Prabowo - Jokowi 

TRIBUNJABAR.ID, BANDUNG - Partai Amanat Nasional (PAN) siap menyeberang meninggalkan kubu Prabowo Subianto-Sandiaga Uno.

Pasca-sidang putusan Mahkamah Konstitusi (MK) yang memutus menolak semua gugatan Prabowo Subianto-Sandiaga Uno, PAN siap bergabung dengan partai-partai pendukung pemerintah Jokowi-Maruf Amin.

Wakil Ketua Dewan Pimpinan Pusat (DPP) PAN Bara Hasibuan mengatakan, PAN akan menggelar musyawarah mendiskusikan peluang masuk ke barisan Jokowi-Maruf Amin.

"Kami siap menyeberang. Mengatakan kepada rakyat bahwa PAN punya kebesaran hati untuk mendukung (pemerintah)," ujar Bara di dalam diskusi di bilangan Cikini, Menteng, Jakarta Pusat, Sabtu (28/6/2019).

Alasan menyeberang ke kubu Jokowi-Maruf Amin adalah rasa tanggungjawab atas keterbelahan masyarakat Indonesia selama Pilpres 2019.

Prabowo Disebut Tak Akan Hadir Saat Penetapan Jokowi-Maruf Amin sebagai Presiden dan Wapres

"Ada luka dalam di masyarakat yang memang harus disembuhkan. Karena sebelumnya bekas ada tuduhan tidak mendasar, politik identitas, delegitimasi institusi negara," ujar Bara dikutip dari Kompas.com.

"Dalam rangka heal the nation, PAN ini punya tanggung jawab juga ya. Memang sikap seperti PAN dibutuhkan untuk saat ini," lanjut dia.

Capres dan Cawapres nomor urut 02 Prabowo Subianto (kiri) dan Sandiaga Uno (kanan) usai memberikan keterangan pasca putusan Mahkamah Konstitusi (MK) yang menolak gugatan terkait perolehan suara Pilpres 2019 di kediaman Prabowo Subianto di Jakarta, Kamis (27/6/2019) malam.
Capres dan Cawapres nomor urut 02 Prabowo Subianto (kiri) dan Sandiaga Uno (kanan) usai memberikan keterangan pasca putusan Mahkamah Konstitusi (MK) yang menolak gugatan terkait perolehan suara Pilpres 2019 di kediaman Prabowo Subianto di Jakarta, Kamis (27/6/2019) malam. (TRIBUNNEWS/IRWAN RISMAWAN)

Karena itu, Bara juga yakin kubu Joko Widodo dan Ma'ruf Amin sebagai pemenangan Pilpres 2019 tidak hanya mendasarkan diri pada pertimbangan penambahan kekuatan di parlemen dalam hal koalisi tetapi juga mempertimbangkan heal the nation.

Jika PAN benar-benar bergabung dengan kubu Jokowi-Maruf Amin, maka keputusan itu berseberangan dengan Ketua Dewan Kehormatan PAN Amien Rais.

Amien Rais diketahui sangat loyal terhadap Prabowo Subianto.

Desas-desus Nama Jajaran Menteri Jokowi, Adakah Sandiaga & AHY? Maruf Amin Janji Tak Masukkan Anak

Prabowo Bubarkan Koalisi Adil dan Makmur, Persilakan Parpol Bikin Keputusan Selanjutnya

Halaman
12
Penulis: Kisdiantoro
Editor: Kisdiantoro
Sumber: Tribun Jabar
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved