Hewan

VIDEO-Macan Tutul yang Gemparkan Warga Subang Pindah dari Bandung Zoo ke Sini Sebelum Dilepasliarkan

MACAN. Seekor macan tutul (Penthera Pardus) yang sempat menjadi sorotan publik lantaran masuk ke permukiman...

MACAN. Seekor macan tutul (Penthera Pardus) yang sempat menjadi sorotan publik lantaran masuk ke permukiman di Subang, bakal dipindahkan dari Bandung Zoo ke

tempat Pusat Penyelamatan Satwa Liar Cikananga (PPSC) Sukabumi, Jumat (28/6/2019).

Macan tutul tersebut diberi nama 'Selamat Ramadan'.

Dari pantauan Tribun Jabar di Bandung Zoo, nampak mobil pikap beserta kandang transit sudah disiapkan untuk macan tutul tersebut.

Sekitar pukul 14.45 WIB, terdengar suara meraung dari macan yang sudah dimasukkan ke dalam kandang transit yang berukuran panjang sekitar 1,5 meter dan lebar 1 meter.

Kepala Bidang Wilayah 2 Soreang BBKSDA Jabar, Pupung Purnawan, setelah ditempatkan sementara di Pusat Penyelamatan Satwa Liar Cikananga (PPSC) Sukabumi, nantinya

akan dilepasliarkan di Taman Nasional Gunung Ciremai pada tanggal 9 Juli 2019.

"Untuk menyusun kesana (PPSC) kami kirim sore hari ini adalah untuk penyesuaian habitat alami di sana, dan rencananya akan dirilis ke tempat Taman Nasional Gunung

Ciremai pada tanggal 9 Juli mendatang," ujar Pupung saat ditemui Tribun Jabar di Bandung Zoo, Jumat (28/6/2019).

Pupung mengaku jika macan tutul masih disimpan di Bandung Zoo dengan kondisi kandang kecil, khawatir akan terjadi kaget.

"Jadi kalau masih di sini, karena kandangnya kecil, dia khawatir akan kaget, jadi kami pakai transportasi ke pusat Cikananga," ujarnya.

Ditempatkannya di PPSC untuk sementara ditujukan agar macan tutul tersebut dapat beradaptasi dengan habitat alami sebelum dipindahkan ke Gunung Ciremai.

"Dengan harapan bisa menyesuaikan dengan habitat alami di Cikananga. itu harus ada ruang gerak yang luas kemudian memenuhi syarat habitat alami seperti pepohonan

dan sebagai memenuhi syarat," ujarnya. (*)

Artikel ini telah tayang di tribunjabar.id dengan judul Macan Tutul yang Gemparkan Warga Subang Pindah dari Bandung Zoo ke Sini Sebelum Dilepasliarkan, https://jabar.tribunnews.com/2019/06/28/macan-tutul-yang-gemparkan-warga-subang-pindah-dari-bandung-zoo-ke-sini-sebelum-dilepasliarkan.
Penulis: Syarif Pulloh Anwari
Editor: Theofilus Richard
Video Production: Dicky Fadiar Djuhud
Penulis: Syarif Pulloh Anwari
Editor: Dicky Fadiar Djuhud
Sumber: Tribun Jabar
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved